5 Penyebab Kembung setelah Berhubungan Intim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami perut kembung setelah berhubungan intim? Jika iya, kamu tidak sendirian. Memang terasa aneh jika kembung setelah berhubungan intim, dan bahkan mungkin sedikit canggung saat kamu hanya ingin berbaring dan menikmati kebahagiaan pasca-orgasme. Sebenarnya, kembung setelah berhubungan intim umum terjadi, dan ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya.

Sebelum kamu mengulik penyebab kembung setelah berhubungan intim, penting untuk memahami mengapa hal ini terjadi dan ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, seperti menstruasi, ketidakseimbangan bakteri, sindrom iritasi usus besar (IBS), atau bahkan rahim yang terbalik. Mungkin tidak ada solusi instan untuk meredakan gejala yang kamu alami, tetapi memahami lebih lanjut tentang anatomi tubuhmu dapat membantu kamu memahami penyebab kembung setelah berhubungan intim dan memberikan titik awal bagi kamu dan doktermu untuk mengatasinya.

Berikut penyebab kembung setelah berhubungan intim yang perlu kamu ketahui.

1. Ketidakseimbangan Bakteri

Salah satu penyebab kembung setelah berhubungan intim adalah ketidakseimbangan atau pertumbuhan berlebihan bakteri alami di vagina, menurut dokter kandungan Anna Cabeca. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti infeksi jamur dan vaginosis bakteri. Jenis infeksi yang sering kali terjadi adalah akibat dari air mani atau pelumas buatan di dalam vagina. Douching juga dapat berdampak negatif pada bakteri vagina, kata Dr. Cabeca.

Untuk mengatasi masalah ini, Dr. Cabeca merekomendasikan untuk mengonsumsi probiotik seperti makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, dan kombucha untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan bakteri vagina. Kamu mungkin juga ingin menghindari agar air mani tidak masuk ke dalam vagina, dan menghindari penggunaan pelumas yang mengandung bahan buatan seperti gliserin, paraben, dan pewarna atau wewangian.

2. Pengaruh Siklus Menstruasi dan Hormon pada Tubuh

    Hormon bisa bikin banyak perubahan dalam tubuh kita, termasuk bikin kita kembung setelah berhubungan seks, terutama saat kita sedang menstruasi. "Seringkali wanita mengalami kembung sebelum atau selama masa menstruasi, jadi kalau kita berhubungan intim di masa itu, kemungkinan besar itu penyebabnya," jelas Dokter kandungan Wider, seperti dikutip dari laman Popsugar, pada Senin, 29 Mei 2023.

    Baca juga: 8 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."