13 Buah yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBuah salah satu komponen yang wajib dipenuhi dalam empat sehat lima sempurna. Bagi ibu hamil, terkadang buah dijadikan menu utama sebagai penghilang rasa mual ataupun meningkatkan selera makannya. Adapula ibu hamil yang menjadikan buah sebagai camilan favoritnya.

Selain sayur, telur, dan daging, mengonsumsi buah untuk ibu hamil juga dapat menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Sama seperti makanan bergizi lainnya, buah juga mengandung segudang manfaat untuk tubuh. Di antaranya kandungan beta karoten, vitamin C, kalium, dan asam folat yang baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil.

Berikut ini sejumlah buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

1. Pisang

Pisang mengandung kalium dan dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh ibu hamil yang mudah lelah. Buah ini juga mudah untuk dicerna, sehingga nyaman di perut.

2. Jeruk

Sebagai buah yang baik untuk ibu hamil, jeruk mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung folat dan serat. Kandungan air yang banyak di dalamnya juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

3. Mangga

Buah untuk ibu hamil lain yang bisa menjadi sumber vitamin C adalah mangga. Mangga juga kaya akan vitamin A. Ibu hamil perlu mendapatkan vitamin A, karena bayi yang saat lahir kekurangan vitamin A, disebut dapat memiliki daya tahan tubuh yang lebih buruk.

4. Pir

Selain lezat, kandungan serat, kalium, dan folat yang terdapat pada buah pir bisa membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung ibu dan janin.

5. Jambu biji

Jambu biji mengandung banyak gizi yang baik untuk ibu hamil, salah satunya vitamin E. Mengonsumsi jambu biji saat hamil juga dapat membantu otot lebih rileks, melancarkan pencernaan, hingga mengurangi konstipasi.

Ilustrasi jus alpukat. shutterstock.com

6. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C,E, dan K serta serat hingga kalium.

7. Delima

Salah satu buah untuk ibu hamil yang jarang dikonsumsi adalah delima. Nyatanya, buah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat yang sangat baik untuk ibu dan janin.

8. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, dan raspberi, mengandung berbagai zat yang baik untuk ibu hamil, seperti karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat.

9. Buah fig

Buah ini memang jarang bisa didapatkan di Indonesia. Namun, bagi Anda yang bisa menjangkaunya, janganlah ragu untuk mengonsumsi ini ketika hamil. Pasalnya, buah ini mengandung banyak serat, kalium, kalisum, hingga fosfor.

10. Labu

Pada labu, bagian yang dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil justru adalah bagian bijinya. Biji labu, disebut merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, biji labu juga mengandung sodium, kalium, fosfor, serta kalsium.

11. Anggur

Anggur dianggap baik sebagai buah untuk ibu hamil karena dapat membantu memfasilitasi perubahan biologis yang terjadi di tubuh ibu hamil. Anggur juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh.

12. Apel

Apel mengandung vitamin A dan C, serat dan kalium yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Bahkan, mengonsumsi apel selama kehamilan, disebut dapat membantu mengurangi risiko bayi mengalami alergi dan asma.

13. Lemon

Mengonsumsi air lemon atau menghisap lemon, disebut dapat membantu meredakan mual pada ibu hamil. Lemon juga tinggi akan kandungan vitamin C dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."