Jambu Biji, Buah dan Daun Sama Berkhasiat. Cek Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
jambu biji (healthlob.com)

jambu biji (healthlob.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jambu biji lezat dimakan langsung dan juga dijadikan jus. Yang paling penting, buah ini kaya nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat.

Tak hanya daging buahnya, daun jambu biji juga dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan diare. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari jambu biji menurut Boldsky.

#Meningkatkan kesehatan jantung
Antioksidan dan vitamin dalam jambu biji melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Baca juga:
3 Waktu yang Disarankan untuk Makan Buah-buahan

#Membantu menurunkan berat badan
Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah ini juga rendah kalori yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

#Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengontrol kadar gula darah dan resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan.

#Mencegah kanker
Antioksidan yang kuat dalam ekstrak jambu biji dan daun jambu biji mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel sehat sehingga mampu mencegah kanker. Khasiat antikanker jambu biji dan daunnya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker

#Memperkuat kekebalan tubuh
Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba jambu biji membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

#Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membantu mencegah sembelit dan membantu buang air besar secara teratur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji menurunkan intensitas dan durasi diare dengan membunuh semua mikroba berbahaya di usus.

Artikel lain:
Cara Benar Memotong Buah Jambu Kristal

#Mencegah osteoartritis
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Nutrition, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah kerusakan tulang rawan pada osteoartritis.

#Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Jambu biji bekerja sangat baik untuk kulit karena adanya antioksidan. Mengonsumsi jambu biji atau mengoleskan ekstrak jambu biji pada kulit memperlambat proses penuaan dan mencegah keriput. Jambu biji juga berfungsi mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."