Selain Jeruk, Vitamin C Bisa Diperoleh dari Lemon dan 16 Buah Ini

Ilustrasi lemon. Shutterstock

kesehatan

Selain Jeruk, Vitamin C Bisa Diperoleh dari Lemon dan 16 Buah Ini

Rabu, 21 Agustus 2019 07:10 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebutuhan vitamin C memang bisa didapatkan dari sejumlah suplemen yang beredar di toko obat. Namun tetap saja bahan alami menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, misalnya buah-buahan. Jangan pula terpaku pada buah jeruk sebagai sumber vitamin C. Banyak ragam buah untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Agar tidak bosan dan tetap sehat, coba secara bergantian masukkan 17 buah di bawah.

1.Lemon

Buah dengan rasa asam, memang merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Salah satunya lemon yang juga merupakan sumber mineral yang bisa membuat tubuh Anda semakin sehat.

2. Melon jingga

Melon jingga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Dalam 150 mg (sekitar 10 sendok makan) melon jingga, terkandung vitamin C sebanyak kurang lebih 60 mg. Buah ini juga mengandung mineral lain yang baik untuk tubuh, seperti natrium dan vitamin A.

3. Melon hijau

Meski tidak sebanyak melon jingga, kandungan vitamin C dalam melon hijau ternyata juga cukup tinggi. Dalam 150 mg melon hijau, terkandung 30 mg vitamin C yang bisa Anda nikmati.

4. Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang, mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Hal tersebut membuat buah khas dari negara Selandia Baru ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Jambu biji

Mengonsumsi satu buah jambu biji, sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Buah ini mengandung sekitar 125 mg vitamin C, atau sekitar 140% kebutuhan vitamin C harian.

6. Pepaya

Manfaat pepaya, seringkali dikaitkan dengan kesehatan saluran pencernaan. Namun, buah ini ternyata juga berpotensi untuk membantu melegakan rongga sinus, mencerahkan kulit, dan menguatkan tulang. Semua manfaat tersebut didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Dalam 150 mg pepaya, terkandung sekitar 90 mg vitamin C.

7. Nanas

Selain kaya akan vitamin C, nanas juga mengandung bromelain. Karena itu, buah ini dipercaya dapat membantu meredakan perut kembung, serta mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas fisik.

8. Mangga

Mengonsumsi setengah buah mangga berukuran sedang, sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda sekitar 70%. Buah ini juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A dan vitamin B6 yang baik untuk tubuh.

9. Stroberi

Sekitar 150 mg stroberi mengandung hampir 100 mg vitamin C. Tidak hanya itu, stroberi juga merupakan sumber folat, serat serta mineral, seperti kalium dan magnesium.

Ilustrasi jus stroberi. TEMPO/Charisma Adristy

10. Blackberry

Selain vitamin C, ada  kandungan vitamin K, serat, dan tembaga dalam buah blackberry. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menambahkan buah ini dalam daftar kudapan sehari-hari.

11. Raspberry

Buah berwarna merah ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C. Anda bisa memenuhi separuh kebutuhan vitamin C harian, dengan mengonsumsi 150 mg raspberry.

12. Leci

Satu buah leci mengandung sekitar 7mg vitamin C. Leci juga kaya akan omega-3 dan asam lemak omega-6 yang baik untuk otak, jantung, serta pembuluh darah.

13. Blackcurrant

Buah lainnya dengan kandungan vitamin C yang bisa Anda konsumsi adalah blackcurrant. Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi. Mengonsumsi sekitar 50 gram (sekitar 4 sendok makan) blackcurrant sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda hingga 112%.

14. Markisa

Jika dikonsumsi dalam bentuk jus, kandungan vitamin C dalam 150 ml sari markisa sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Namun, ingatlah bahwa sari buah berbeda dari sirup. Sirup mengandung banyak gula yang justru akan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan Anda.

15. Tomat

Satu buah tomat, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda sekitar 28%. Lalu, jika dikonsumsi dalam bentuk jus, maka vitamin C dalam tomat akan semakin terkonsentrasi, dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga sekitar 70%.

16. Ceri

Buah lain yang mengandung vitamin C dan sayang jika dilewatkan adalah ceri. Lebih tepatnya, ceri berjenis acerola. Begitu kayanya kandungan vitamin C di dalamnya, hingga 40 gram (sekitar 3 sendok makan) buah ini dapat memenuhi 913% kebutuhan harian vitamin C.

17. Jeruk Bali

Mengonsumsi jeruk bali atau grapefruit tidak hanya akan memberikan pasokan vitamin C untuk tubuh Anda, tapi juga serat, natrium, dan vitamin A.

SEHATQ