Ampuhnya Air Lemon Membantu Luruhkan Batu Ginjal

Ilustrasi jus lemon. boldsky.com

kesehatan

Ampuhnya Air Lemon Membantu Luruhkan Batu Ginjal

Sabtu, 6 Juli 2019 10:32 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Lemon adalah buah keluarga jeruk atau sitrus. Ukurannya kecil dengan rasa masam tapi mempunyai banyak khasiat. Buah ini dapat menyembuhkan penyakit kelainan ginjal, terutama batu ginjal. Buah tropis ini mengandung vitamin C, tiamin, riboflavin, asam pantotenat, zat besi dan magnesium, serat, vitamin B6, kalsium, potasium, serta folat.

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi menyaring dan menghilangkan zat beracun dari darah melalui urine. Namun, jika kelebihan garam, mineral dan zat terlarut lain terendap dalam ginjal akan membentuk batu ginjal.

Sebagian besar batu ginjal ini merupakan kalsium oksalat atau kalsium fosfat. Ada batu ginjal yang keluar dengan sendirinya ada juga yang membutuhkan pengobatan medis. Dilansir dari laman Boldsky, ternyata air lemon bisa melarutkan batu ginjal secara alami. Simak caranya.

Baca juga:7 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Lemon Setiap PagiAlasan Air Lemon Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

#Asam sitrat dalam air lemon membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan keasaman urine. Kalium sitrat untuk mengobati batu ginjal merupakan bentuk asam sitrat, 2-4 ons air lemon dapat memenuhi asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan ginjal. Air lemon bisa langsung diminum atau dicampurkan dengan air hangat dan madu.

#Cuka apel jika dicampur dengan air lemon dapat membantu mengobati batu ginjal. Caranya, campur air perasan dari 1/2 lemon, 1 sendok makan cuka apel, dan segelas air. Minum setiap 2-3 jam atau sesering mungkin untuk lebih cepat proses pemulihan dari rasa sakit dan gejala yang berhubungan dengan batu ginjal.

#Air lemon dengan gandum dan kemangi. Campuran air perasan lemon dan kemangi mengandung asam asetat. Selain dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah juga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Caranya, minum segelas campuran gandum, perasan air lemon, dan daun kemangi, konsumsi sebanyak dua kali sehari.

#Air lemon dengan minyak zaitun. Asam asetat dalam air perasan lemon dapat melarutkan batu dan minyak zaitun dapat menghilangkan batu ginjal tanpa rasa sakit dan prosesnya mudah. Caranya, campur air perasan lemon dengan minyak zaitun. Saat mengonsumsi minuman ini harus banyak minum air putih. Ulangi metode ini selama tiga hari atau sampai batu tersebut tidak diekskresikan.

#Konsumsi teh lemon sesering mungkin untuk menghindari pembentukan batu ginjal.