5 Pilihan Makanan Penyubur Kehamilan, Ada Susu hingga Ikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minum susu. Shutterstock

Ilustrasi minum susu. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang ingin hamil dalam waktu dekat, ada baiknya menerapkan pola hidup sehat sejak awal. Salah satunya mengonsumsi makanan penyubur kehamilan. Sejumlah makanan ini juga harus dikonsumsi sesuai porsi yang disarankan agar tidak kebablasan.

Dan harus diingat juga bahwa menyantap makanan tersebut bukan berarti Anda otomatis akan cepat hamil. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health dan Harvard Medical School, yang dimaksud dengan makanan penyubur kandungan adalah jenis makanan yang memiliki efek positif terhadap kesuburan perempuan.

Berikut ini lima makanan penyubur kehamilan yang juga menyuplai gizi saat Anda menjalani kehamilan nanti.

1. Karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat kompleks sebagai pengganti karbohidrat sederhana, memiliki efek positif terhadap kesuburan.

Jagung, roti gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan kentang merupakan contoh dari karbohidrat kompleks. Sementara contoh karbohidrat sederhana meliputi nasi putih, roti putih dan pasta putih.

Konsumsi berlebih dari karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kondisi ini kemudian dapat memengaruhi hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi.

Sedangkan karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, jenis karbohidrat ini tidak mengakibatkan peningkatan signifikan pada kadar gula darah. 

Karbohidrat kompleks berupa biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, juga mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat berpengaruh positif terhadap kesuburan dan merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk mencegah kecacatan pada janin, sehingga baik sebagai makanan penyubur kandungan.

2. Daging tanpa lemak

Aneka daging tanpa lemak adalah sumber protein dan zat besi yang baik bagi Anda yang berencana hamil.

Protein adalah nutrisi yang berperan penting dalam proses pembentukan tulang, otot dan sel-sel tubuh lainnya. Sedangkan asupan zat besi yang cukup sangat penting bagi perempuan untuk mencegah anemia semasa hamil. Inilah kenapa bahan pangan ini termasuk sebagai salah satu makanan penyubur kandungan.

Usahakan dapat mengonsumsi hingga dua porsi daging tanpa lemak setiap harinya. Anda boleh memilih antara daging sapi, daging ayam, daging kalkun, dan daging babi.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi satu porsi protein hewani dan satu porsi protein nabati yang berasal dari tahu dan tempe dalam satu hari.

Selanjutnya produk susu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."