Ketahui Manfaat Vitamin C dan Penuhi Jumlah Kebutuhan Hariannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vitamin C (Pixabay.com)

Ilustrasi vitamin C (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebutuhan vitamin C penting untuk dipenuhi sebab berperan dalam aktivitas beragam fungsi organ di tubuh. Di antaranya melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas salah satu pemicu kanker. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh hingga berperan dalam pembuatan kolagen yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan kulit

Bila Anda kekurangan vitamin C bisa terjadi kondisi yang disebut scurvy atau skorbut. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi lebih mudah memar, rentan mengalami perdarahan, dan akan merasakan nyeri sendi serta otot. Tak hanya itu, tubuh dapat lebih mudah terserang penyakit akibat infeksi virus, bakteri, maupun patogen lainnya.

Untuk mencegah sejumlah risiko kesehatan tersebut, sebaiknya perhatikan kebutuhan harian vitamin C. Tingkat pemenuhan vitamin C setiap orang pun berbeda-beda tergantung dari usia dan jenis kelamin, seperti berikut ini:

1. Bayi usia 0-6 bulan: 40mg

2. Anak usia 4-8 tahun: 25 mg

3. Remaja pria usia 14-18 tahun: 75 mg

4. Remaja perempuan usia 14-18 tahun: 65 mg

5. Pria usia 19 tahun ke atas: 90 mg

6. Perempuan usia 19 tahun ke atas: 75 mg 

Namun adapula sejumlah orang yang membutuhkan vitamin C lebih banyak dari lainnya. Contohnya ibu hamil yang membutuhkan 85 mg vitamin C per hari. Begitu pula dengan ibu menyusui yang membutuhkan 120 mg vitamin C per harinya. Bahkan, perokok juga perlu mendapatkan tambahan vitamin C sebanyak 35 mg dari rekomendasi konsumsi harian.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."