5 Tips Meredakan Stres untuk Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi Ibu (pixabay.com)

keluarga

5 Tips Meredakan Stres untuk Ibu Rumah Tangga

Senin, 6 Mei 2019 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak yang mengira pekerjaan ibu rumah tangga itu mudah, namun sebenarnya bisa membuat ibu lumayan stres. Ibu rumah tangga umumnya harus bangun pagi-pagi ketika anak dan suami belum bangun, kemudian menyiapkan sarapan dan semua keperluan keluarganya sampai tiba waktu malam. 

Baca juga: Institut Ibu Profesional Ubah Perspektif Tentang Ibu Rumah Tangga

Ketika anak-anaknya tidur, ini merupakan saatnya untuk membersihkan rumah atau memberikan suami perhatian. Pekerjaan ini biasanya hanya terlihat santai dari luarnya saja. Tak hanya itu saja yang membuat ibu stres, tekanan persoalan keuangan dan kesejahteraan dalam keluarga juga dapat menyebabkan stres kronis.

Jika ibu rumah tangga mengalami stres kronis cenderung lebih tidak sensitif terhadap pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan orang tua untuk dapat mengelola stres adalah tolak ukur dari kualitas hubungannya dengan anak sehingga keluarga tampak bahagia. 

Berikut cara ibu untuk meredakan stress terhadap tekanan keluarga maupun hal –hal lainnya, seperti dilansir dari laman Today. 

#1. Luangkan waktu untuk tertawa American Psychological Association melaporkan bahwa orang-orang yang stres sering menyimpan banyak tekanan di wajah mereka. Tertawa, tersenyum, dan cekikikan dapat membantu meredakan ketegangan itu. Temukan cara untuk membawa sedikit lebih menyenangkan ke dalam hidup Anda untuk mengekang stres dan menciptakan kenangan keluarga yang menyenangkan. Dengan cara menghibur diri dengan hewan peliharaan, tertawa bersama keluarga, teman, dan lakukanlah hal yang membuat anda terhibur. 

#2. Istirahat Anda mungkin tidak dapat menghindari stres, tetapi luangkan waktu untuk istirahat. Luangkan waktu sejenak untuk istirahat, jalan-jalan sebentar, atau mendengarkan musik.  

#3. Meditasi/Yoga Pernapasan dalam perut, meditasi, dan doa terbukti membantu mengurangi stres dan membantu tubuh rileks. Lebih baik lagi, Anda juga bisa mengajarkan strategi ini untuk anak-anak.  Carannya pun mudah yaitu dengan menarik nafas dengan dalam dan pelan-pelan, lalu hembuskan perlahan-lahan. Lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang. Dengan melakukan hal tersebut, hal ini dapat menimbulkan rasa relaksasi secara maksimal.

#4. Olah ragaMenurut penelitian, olahraga dapat meredakan stress di bawah tekanan. Misalnya berjalan, bersepeda, berenang, bermain bola basket atau yang lainnya, membuat pikiran Anda lebih rileks dan sehat. Alangkah baiknya jika berolahraga dilakukan oleh orang-orang terdekat, terutama keluarga.

#5. Mintalah bantuanIbu rumah tangga sering diharapkan untuk melakukan segala sesuatu sendirian, mulai dari mengurus anak dan mengurus rumah, sehingga membuat mereka memiliki sedikit waktu untuk merawat diri sendiri. Lebih baik, untuk mempermudah pekerjaan Anda, mintalah bantuan dari anak-anak dan pasangan. Anak-anak dapat membantu mencuci piring, menyapu lantai, dan membantu melipat baju-baju. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres dan bonusnya dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. 

ANDRA PRABASARI