Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

kesehatan

9 Manfaat Makan Buah Anggur, Menyehatkan Otak dan Bikin Kulit Lebih Bercahaya

Rabu, 31 Mei 2023 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari semua buah yang dapat Anda temukan, anggur mungkin memiliki salah satu sejarah terkaya di antara buah-buahan tersebut. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa budidaya buah anggur (juga dikenal dengan nama latinnya Vitis vinifera L.), sudah ada sejak 6500 SM di Timur Tengah, dengan mitologi budaya percaya bahwa buah anggur ini melambangkan kesuburan dan kelimpahan. Popularitas anggur segera menyebar seperti api di seluruh dunia, terutama didorong oleh pembuatan minuman anggur.

Buah bulat ini secara teknis adalah buah beri, bertelur dari tanaman merambat abadi Vitis vinifera, yang lengan kayunya dapat naik hingga setinggi 12 kaki. Ada begitu banyak jenis anggur untuk dinikmati, dari hijau, biru, ungu, merah, merah muda, bahkan rasa permen kapas. Profil rasa dari anggur juga bervariasi dari asam hingga manis. Beberapa cocok untuk ngemil dan memasak, sementara yang lain paling baik digunakan dalam produksi anggur.

Selain rasanya yang menggiurkan, mungkin salah satu aspek yang paling memikat dari anggur adalah banyaknya manfaat kesehatan. Berikut ini sederet manfaat makanbuah anggur yang perlu kamu ketahui.

1. Kaya Antioksidan

Anggur kaya kandungan vitamin C dan senyawa tumbuhan termasuk resveratrol, quercetin, dan anthocyanin. Semua mikronutrien ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, mengurangi peradangan dan bertahan melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Faktanya, satu ulasan tahun 2016 tentang bukti saat ini menemukan anggur sangat efektif dalam mencegah kanker, berkat profil nutrisinya yang unik. Resveratrol adalah agen anti-kanker spektrum luas yang mapan, menangani lusinan jenis diagnosis ini, dari kanker otak dan saluran pencernaan hingga kanker tiroid dan tulang. Quercetin juga membantu menghilangkan sel kanker melalui berbagai mekanisme dalam pertumbuhan sel dan siklus metabolisme.

Dan, tentu saja, kita tidak bisa melupakan antosianin yang menghambat pertumbuhan sel kanker, menyebar, bahkan membalikkan resistensi obat sel kanker sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap kemoterapi.

2. Menyehatkan Mata

Buah anggur juga mengandung fitonutrien lutein dan zeaxanthin. Bahan kimia tumbuhan ini sebenarnya adalah pigmen tumbuhan dari keluarga karotenoid, yang terkenal untuk meningkatkan kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin sangat efektif untuk kesehatan mata, karena hanya dua karotenoid yang benar-benar menumpuk di retina. Hal ini memungkinkan mereka untuk melawan penyakit mata yang berkaitan dengan usia termasuk degenerasi makula dan katarak.

<!--more-->

3. Melindungi Jantung

Buah anggur juga sumber vitamin K, potasium, dan, tentu saja, senyawa tanaman yang sangat baik.

“Anggur kaya akan vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah,” jelas Amy Davis, ahli diet di FRESH Communications seperti dikutip dari Real Simple, 25 Mei 2023.

Pembekuan darah yang sehat adalah berdampak baik pada penyembuhan luka, juga untuk pencegahan kejadian jantung terkait gumpalan seperti serangan jantung dan stroke.

"Sementara itu, resveratrol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah,” tambah Davis.

Dampak resveratrol terhadap penyakit jantung didokumentasikan dengan baik dalam penelitian, seperti quercetin. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur sangat efektif dalam mengobati tekanan darah tinggi. Mengelola kadar kolesterol dan tekanan darah sangat penting dalam menghindari implikasi penyakit jantung yang lebih berbahaya.

4. Menyehatkan Tulang

Dalam hal pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat, ada jauh lebih banyak vitamin dan mineral yang berperan daripada hanya kalsium, dan, Anda dapat menemukan kandungan tersebut di dalam anggur. Faktanya, Anda akan menemukan vitamin K, vitamin C, tembaga, potasium, dan magnesium dalam buah beri kuno ini, yang semuanya bekerja sama untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi.

5. Sumber Alami Hormon Melatonin

Jika Anda memiliki masalah tidur, makan buah anggur bisa membantu. Sebab anggur salah satu sumber melatonin alami yang sangat baik, hormon utama yang terlibat dalam mengatur siklus tidur-bangun Anda. Ini berarti anggur adalah buah untuk mendukung kemampuan Anda untuk tertidur dan tetap tertidur, berpotensi mengatasi masalah dan berbagai gangguan tidur.

6. Meningkatkan Kesehatan dan Stabilitas Metabolisme

Buah anggur juga dapat membantu mengatur gula darah kita dan mendukung metabolisme yang sehat. Satu ulasan penelitian pada hewan dan manusia menemukan resveratrol untuk menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kontrol glikemik (yaitu kemampuan tubuh untuk mengelola gula darahnya secara efektif).

Sebuah studi longitudinal terhadap lebih dari tiga juta peserta menemukan bahwa konsumsi buah, terutama anggur, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Plus, sebagian besar varietas anggur memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti makan buah anggur tidak akan meningkatkan gula darah secepat atau sedrastis makanan indeks glikemik tinggi lainnya. Ini memberi tubuh lebih banyak waktu untuk memetabolisme gula alami yang ditemukan dalam anggur dengan tepat.

<!--more-->

7. Menyehatkan Otak

Otak kita juga dapat memperoleh manfaat dari makan buah anggur setiap hari, terutama karena kandungan resveratrol, air, dan vitamin B6 di dalamnya.

Satu tinjauan data menemukan resveratrol terkait dengan mekanisme pelindung saraf yang dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif termasuk Alzheimer. Quercetin yang ditemukan dalam anggur juga menawarkan manfaat otak yang serupa. Sementara itu, uji coba kontrol acak menemukan bahwa suplemen ekstrak anggur dikaitkan dengan peningkatan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua.

Anggur juga mengandung lebih dari 80 persen air, elemen penting untuk kesehatan otak, membantu komunikasi sel otak, membuang racun dan limbah dari otak, dan memberikan nutrisi ke organ yang sangat penting ini.

Semua dampak itu setara dengan kapasitas hidrasi untuk meningkatkan daya ingat dan kognisi sekaligus mengurangi kemungkinan atau tingkat keparahan gangguan mood, sakit kepala, dan penyakit terkait otak. Vitamin B6 yang ditemukan dalam buah anggur juga mendukung perkembangan otak yang sehat.

8. Sarat Vitamin B

Anggur juga kaya vitamin B, menawarkan vitamin B6, thiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang banyak. Sementara kita sudah tahu B6 mendukung otak, vitamin tersebut juga berperan penting dalam keseluruhan sistem saraf dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, thiamin (B1) merupakan pusat metabolisme makronutrien, dan riboflavin (B2) membantu produksi sel darah merah, fungsi kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

9. Menyehatkan Kulit

Anggur bahkan dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit Anda. Resveratrol tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada kulit, tetapi juga melindunginya dari sinar ultraviolet, kerutan, dan melanoma. Senyawa tumbuhan yang luar biasa ini bahkan membantu merangsang produksi kolagen, yang selanjutnya membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Kandungan air yang ditemukan dalam buah anggur juga mempromosikan pelindung kulit yang lembap dan sehat

Dengan sederet manfaat di atas, upayakan kamu makan buah anggur di antara buah pilihannya, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Buah Anggur agar Tahan Lama, Pilih Wadah Berventilasi

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika