Viral Anggur Dijual di Jalan Diduga Berformalin, Pahami Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi buah anggur. TEMPO/Charisma Adristy

Ilustrasi buah anggur. TEMPO/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika pesan berantai tentang anggur yang dijual murah di pinggir jalan ditengarai mengandung formalin, sebaiknya Bunda tidak langsung percaya. "Jangan membeli anggur yang dijual murah di tepi jalan. Anggur tersebut dikirim langsung dari Cina yang mengandung formalin," begitu bunyi pesan berantai tersebut.

Baca:
Lengkapi Minum Kopi dengan Minyak Kelapa, Manfaatnya Lebih Jos

Pesan ini membuat masyarakat bertanya-tanya, apakah benar anggur itu mengandung formalin atau tidak. Mengutip Food Insight, senyawa kimia formaldehida atau formalin juga terjadi secara alami pada makanan yang kita makan.

Buah anggur by boldsky

Pada buah-buahan, kandungan formalin alami ada pada buah apel, pisang, anggur dan buah prem. Sedangkan pada sayuran seperti bawang, wortel, dan bayam. Tak hanya itu, makanan laut, daging sapi, dan unggas juga mengandung formalin. Bahkan, manusia juga menghasilkan senyawa tersebut secara alami, dan itu penting untuk fungsi metabolisme.

Artikel lainnya:
Ketahui Waktu Tubuh Membersihkan Usus dan Detoksifikasi

Meski mengandung formalin, bukan berarti Bunda berhenti mengkonsumsi buah dan sayur. Kalau masih khawatir, formalin mengandung sifat larut dalam air dan dapat menghilang saat dipanaskan. Karena itu, sebaiknya cuci atau rendam buah dan sayuran sebelum dikonsumsi untuk mengurangi formalin di dalamnya. Selain itu, memasak makanan dengan suhu tinggi dapat juga menurunkan tingkat formalin.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."