5 Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

kesehatan

5 Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

Kamis, 12 Mei 2022 14:45 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menu Hari Lebaran memang bisa memicu lonjakan kolesterol. “Makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng,” kata dokter spesialis gizi klinis Sheena R Angelia. Nah, pada dasarnya, kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Akan tetapi, apabila kadarnya dalam darah berlebihan, maka ia bisa mengakibatkan penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Namun begitu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, mulai dari memperbanyak minum air putih, olahraga, hingga memperbanyak asupan sayur dan buah. Berkaitan dengan itu, berikut 5 buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

1. Jeruk

Tak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Riset dalam Nutrition Journal menunjukkan, 23 persen orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol mereka dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi jus jeruk. Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah utuh.

2. Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Selain itu, ia juga memiliki kandungan likopene yang mampu mencegah adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi semangka, baik setelah makan atau sebagai camilan sehari-hari.

3. Apel

Satu buah apel mengandung karbohidrat, protein, serat, hingga vitamin C. Apel juga mengandung pektin, salah satu jenis serat alami yang banyak ditemukan di dalam buah. Nah, kandungan pektin tersebut bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Buah beri

Ada bermacam-macam jenis buah beri, seperti blackberry, rasberi, dan stroberi. Nah, semuanya memiliki manfaat yang serupa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol dalam tubuh lebih mudah untuk dikontrol.

5. Anggur

Serupa dengan apel, anggur memiliki kandungan pektin yang bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, anggur juga banyak mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Serat larut ini mendorong tubuh untuk membuat kolesterol dan menghentikan hati memproduksi senyawa ini. Lebih jauh, kandungan senyawa bioaktif dalam anggur juga membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Di sisi lain, asupan anggur dan berry juga mampu membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan kolesterol LDL.

Baca: Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Ini