Doja Cat mengenakan gaun Oscar de la Renta dengan tudung yang menyerupai kucing dan riasan prostetik di wajahnya, di Met Gala 2023. Instagram.com/@oscardelarenta

mode

5 Fakta Met Gala 2023, dari Botol Air Daur Ulang jadi Dekorasi hingga Riasan Prostetik

Rabu, 3 Mei 2023 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Met Gala merupakan acara tahunan yang diadakan untuk penggalangan dana untuk fashion dan kostum di The Metropolitan Museum of Art & Costume atau Met Museum, New York, Amerika Serikat. Untuk waktunya, Met Gala dihelat setiap Senin pertama di bulan Mei. Sementara terkait tema selalu berganti dari tahun ke tahun. Met Gala 2023 mengusung tema "Karl: Lagerfeld A Line of Beauty".

Mengikuti tema tersebut, mayoritas selebriti memakai busana yang terinspirasi atau rancangan desainer yang tutup usia pada 19 Februari 2019 silam. Tak hanya busana, dekorasi pun menggambarkan sang maestro mode yang identik berkacamata hitam. Berikut sederet fakta Met Gala 2023 yang diselenggarakan pada Senin, 1 Mei 2023.

1. Kostum Jared Leto Outstanding

Jared Leto berpose dalam acara gala penggalangan dana tahunan yang diadakan untuk kepentingan Metropolitan Museum of Art's Costume Institute dengan tema tahun ini "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty", di Met Gala di New York City, New York, AS, 1 Mei , 2023. Aktor dan penyanyi ini mengenakan setelan lengkap, dengan bulu putih, dan topi baja yang benar-benar menyembunyikannya dari pandangan. REUTERS/Brendan Mcdermid

Aktor dan penyanyi, Jared Leto salah satu selebriti yang mencuri perhatian saat tiba di Met Museum. Dia memakai full kostum kucing berwarna putih dan berbulu halus. Leto cosplay menjadi kucing kesayangan Lagerfeld, Choupette.

Letto baru melepas kostum kepala kucing ketika bertemu dengan teman-teman selebritas lain di karpet merah. Semua tersenyum saat ia menampilkan kostum realistis menakutkan dari kucing Birman Lagerfeld yang terkenal.

Chouppette awalnya dikabarkan akan membuat debut Met Gala-nya sendiri tetapi akhirnya tinggal di rumah.

Pria 51 tahun itu kemudian mengganti kostumnya dengan pakaian hitam, menampilkan garis leher perak. Dia memasangkan tampilan dengan jubah hitam yang memamerkan bantalan bahu putih.

    2. Doja Cat Pakai Riasan Prostetik

    Doja Cat mengenakan gaun Oscar de la Renta dengan tudung yang menyerupai kucing dan riasan prostetik di wajahnya, di Met Gala 2023. Instagram.com/@oscardelarenta

    Penampilan Doja Cat seperti Choupette juga salah satu momen terbaik Met Gala pada Senin malam waktu Amerika Serikat. Tak hanya soal detail aksesori telinga kucing dan cakar berbulu halus, rapper itu juga mengenakan prostetik wajah kucing penuh dan bahkan menjawab beberapa pertanyaan wawancara yang diajukan kepadanya dengan "meong" yang sederhana.

    Penampilannya tersebut dibuat oleh penata rias efek khusus, yaitu Malina Stearns. Cetakan prostetik tersebut perlu beberapa kali percobaan sebelum sang bintang memakainya.

    "Apresiasi kepada @mannylemusfx karena telah menangani cetakan ini dan melakukan penuangan tanah liat di menit-menit terakhir sehingga saya dapat melakukan pemahatan ulang dan membuat beberapa perubahan," ungkap Stearns di akun media sosialnya, dikutip dari Pop Sugar, Selasa, 2 Mei 2023.

    "Terima kasih kepada teman saya @jackefek yang mampu menghaluskan tepinya kembali untuk saya setelah pahatan itu dilepas dari gips aslinya saat saya berada di Amerika Selatan."

    Di malam gala, setelah cetakan berhasil diaplikasikan, butuh tambahan empat jam glam untuk menciptakan tampilan Doja Cat secara keseluruhan.

    Doja Cat melengkapi penampilannya dengan manikur prancis "cakar" dan gaun Oscar de la Renta yang berkilau di setiap langkah yang diambilnya. Jarang kita melihat prostetik wajah di karpet merah, karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya, tetapi upaya ini sangat berharga. Jika ada yang akan melakukannya, itu adalah Doja Cat, orang yang sama yang mengenakan 30.000 kristal Swarovski ke Paris Couture Week.

    <!--more-->

    3. Menahan Buang Air Kecil Demi Busana

    Di balik penampilan gaun adibusana atau couture hingga kostum kreatif di Met Gala 2023 selalu ada pengorbanan yang dilakukan para selebriti. Kadang mereka menurunkan berat badan agar muat dengan desain gaun spektakuler para desainer, ada bagian gaun yang dijahit langsung ditubuh, hingga menahan buang air kecil atau pipis.

    Selama beberapa tahun ini, selebriti telah membawa penggemar mereka ke belakang layar saat mereka bersiap-siap untuk Met Gala. Dan banyak dari mereka yang membeberkan fakta yang sama bahwa mereka tidak akan buang air kecil selama acara, biasanya karena kendala pakaian yang sulit dibuka dan dipakai lagi dalam waktu singkat.

    Ashley Graham adalah selebriti terbaru yang mengakui hal tersebut dalam video persiapan ke Met Gala yang diunggah di TikTok. Dia mengatakan segala sesuatu akan terjadi di kamar mandi Met Gala, kecuali buang air kecil.

    Ashley Graham di Met Gala 2023. Foto: Instagram/@ashleygraham

    "Ada pemotretan besar di sana," katanya dalam video. "Ada banyak pembicaraan. Kadang-kadang orang merokok, tapi itu melanggar aturan," ujarnya dikutip dari Pop Sugar, Senin, 1 Mei 2023.

    Meskipun Graham mungkin ikut serta dalam beberapa aktivitas tersebut, dia mengatakan kemungkinan besar dia tidak akan menggunakan kamar mandi untuk tujuan yang dimaksudkan.

    "Tahun ini, saya sama sekali tidak bisa buang air kecil," lanjut model dan ibu tiga anak itu. "Aku tidak bisa melepas bajuku. Jadi aku benar-benar berhenti minum cairan saat ini karena aku tidak tahu bagaimana aku akan buang air kecil," sambungnya.

    Video tersebut diunggah sekitar jam 5 sore, satu setengah jam sebelum Vogue mulai menyiarkan karpet merah dan sekitar tiga jam sebelum makan malam dimulai. Itu waktu yang lama untuk menahannya.

    Seperti Graham, Kim Kardashian juga mengungkapkan bahwa dia tidak bisa buang air kecil selama sekitar empat jam dalam video persiapannya untuk Met Gala 2019, dan Bella Hadid, yang memakai catsuit pada Met Gala 2017, menurut Harper's Bazaar Inggris..

    Jika Anda bertanya-tanya, menahan buang air kecil dalam waktu lama tidak disarankan. Hal itu dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, menurut USC's Keck Medicine. Dokter menyarankan Anda harus mengosongkan kandung kemih Anda setiap tiga sampai empat jam, menurut The Washington Post.

    <!--more-->

    4. Dekorasi dari Botor Air Daur Ulang

    Jika Anda tak menyadarinya, pagar tanaman hijau dan bunga tradisional yang biasanya jadi bagian dekorasi Met Gala diganti tahun ini dengan instalasi lampu yang terdiri dari botol air daur ulang yang menyala dengan cahaya biru. Begitu pula dengan lampu gantung chandelier yang terbuat dari botol air daur ulang.

    "Setiap sisi tenda karpet merah dilapisi dengan panel trompe l'oeil yang terinspirasi oleh seni dekoratif Prancis abad ke-18, yang dikumpulkan oleh Lagerfeld," tulis Met Museum di akun Instagram resminya.

    Desain tersebut dibuat oleh Tadao Ando, desainer pameran Met tahun ini "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty."

    Semua botol daur ulang yang digunakan untuk dekorasi Met Gala akan didaur ulang untuk digunakan di masa mendatang. Ini keputusan yang menyegarkan, terutama mengingat banyaknya selebriti yang memprioritaskan mode berkelanjutan di karpet merah dalam beberapa tahun terakhir.

    "Mengingat iklim saat ini, kami ingin menyoroti pentingnya memberikan barang sehari-hari kami lebih dari satu siklus hidup," kata perencana acara Met Gala, Raul Àvila kepada Vogue.

    Botol daur ulang jadi bagian dekorasi Met Gala 2023 di New York, pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Instagram/@metmuseum

    "Kami ingin menemukan cara untuk membuat desain yang berkelanjutan yang akan mengimplementasikan botol menjadi instalasi yang menakjubkan tidak seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya." Desain botol daur ulang juga berlanjut di dalam acara tersebut, dengan total ribuan botol.

    Sangat menyenangkan melihat keberlanjutan memiliki momennya di panggung yang begitu besar, terutama mengingat kritik yang diterima industri fashion di masa lalu karena kurangnya komitmen terhadap penyebabnya. Industri itu sendiri bertanggung jawab atas 20 persen polusi air global, dan emisi global industri pakaian jadi diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2030, menurut PBB.

    Faktanya, ada laporan tentang protes yang terjadi menjelang Met Gala, warganet di Twitter menggungah foto pengunjuk rasa yang mengenakan kemeja dan memegang tanda bertuliskan "Pajak orang kaya" dan "Berhenti membunuh iklim."

    Pada akhirnya, industri mode atau fashion, dan lebih luas lagi, industri konsumen dan retail secara keseluruhan memiliki jalan yang panjang dalam usahanya untuk menciptakan solusi yang lebih ramah lingkungan. Namun demikian, dekorasi Met Gala tahun ini merupakan langkah maju yang layak disambut baik.

    5. Artis Korea Selatan

    Met Gala 2023 tak hanya dihadiri para selebriti Hollywood, tapi juga artis mancanegara termasuk Korea Selatan. Song Hye Kyo dan Jennie Blackpink adalah bintang Korea yang melenggang di karpet merah.

    Sebaga duta merek Fendi, Hye Kyo mengenakan gaun koleksi rumah mode asal Italia itu. Dia memakai gaun berbahan satin peach lembut dengan renda putih. Gaunnya tampak terdiri dari atasan bustier dan rok yang menyapu lantai.

    Song Hye Kyo pertama kali menghadiri Met Gala 2023, dengan CEO Fendi, Serge Brunschwig, di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin 1 Mei 2023. Instagram.com/@fendi

    Untuk gaya rambutnya, bintang drama The Glory itu tampil modern dengan gaya 'hime cut', yang baru-baru ini menjadi tren besar di Asia. Penampilan ini melibatkan dua poni besar yang membingkai wajah. Dia menambahkan dua kepangan untuk membuatnya lebih unik, dengan satu di belakang sementara yang lain digantung di bahunya.

    Di penampilan debut Met Gala-nya, Hye Kyo datang bersama CEO Fendi, Serge Brunschwig.

    Sementara Jennie Blackpink memakai gaun klasik Chanel di era 1990-an. "Saya memakai (koleksi) Chanel dari runway tahun 90-an. Saya sangat beruntung karena tim Chanel membuat ulang tampilan ini, seperti yang dilakukan Karl. Saya sangat senang!" kata Jennie, kepada Emma Chamberlain untuk Vogue di karpet merah.

    Jennie Blackpink debut di Met Gala pada Senin, 1 Mei 2023 mengenakan gaun Chanel dari era 1990-an. (Instagram/@chanelofficial)

    Penampilan vintage Jennie terdiri dari gaun mini putih tanpa tali yang dibuat dengan garis leher bergigi, rok berlipit, dan hiasan bunga khas label. Dia juga memakai stoking hitam dan sepatu hak hitam bergaya klasik.

    Untuk melengkapi penampilannya, dia memakai jepit rambut bunga putih, choker hitam, dan sarung tangan hitam sepanjang siku.

    Pilihan Editor: Pemotretannya di Playboy, Inspirasi Busana Kim Kardashian di Met Gala 2023

    WIDYA FITRIANINGSIH | SILVY

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika