150 Karya Terbaik Karl Lagerfeld Bakal Dipamerkan di Met Gala 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sederet karya terbaik mendiang Karl Lagerfeld mendapat panggung khusus dalam gelaran Met Gala 2023. Penyelenggara tahunan Met Gala, Metropolitan Museum of Art's Costume Institute mengumumkan bakal menggelar pameran berjudul "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty".

Kabar tersebut dibagikan saat konferensi pers dari studio foto Lagerfeld di Prancis untuk para editor dalam rangkaian Paris Fashion Week, pada Jumat, 30 September 2022. Di pameran tersebut akan diperlihatkan sekitar 150 pakaian terbaik Lagerfeld sepanjang kariernya selama 60 tahun alias enam dekade, seperti desain yang dia buat saat bekerja untuk rumah mode Balmain, Patou, Chloé, Fendi, Chanel, dan label eponimnya sendiri.

Sebagian besar pakaian akan disertai dengan salah satu sketsa ikonik Lagerfeld dari arsipnya.

Gambar-gambar itu adalah cara Lagerfeld berkomunikasi terutama dengan asisten desainnya, menurut kepala kurator Institut, Andrew Bolton.

"Setiap desain dalam hidupnya adalah sketsa," kata Bolton kepada CNN setelah pengumuman itu.

"Dan ketika saya melihat gambarnya, saya berpikir, 'Ini sangat menawan, sangat aneh, sangat impresionistik.' Tapi yang tidak saya sadari adalah bahwa mereka berisi informasi yang sangat tepat — tentang garis bahu atau panjang lengan baju. Dan (stafnya) tahu persis apa arti garis ini atau apa arti titik itu, dan mereka dapat memecahkan kodenya."

Desainer Karl Lagerfeld tampil dalam peragaan busana Chanel Musim Semi/Musim Panas 2013 dalam Paris Fashion Week, Ahad, 2 Oktober 2012. Desainer Karl Lagerfeld tutup usia pada 19 Februari 2019 di Paris, Prancis. REUTERS/Benoit Tessier

Lagerfeld adalah sosok ikon dalam industri fashion, yang dikenal dengan setelan hitam khasnya, sarung tangan, kacamata hitam, dan tentu saja, kuncir kuda putih panjang.

Sebelum kematiannya, Lagerfeld secara khusus mengatakan bahwa dia tidak akan pernah berhenti bekerja. Saat wawancara dengan The New York Times pada tahun 2015, dia mengatakan akan tutup usia saat bekerja. Benar saja, seperti pendahulunya, Gabrielle Chanel yang meninggal saat mengerjakan koleksi berikutnya, dia juga bekerja menjelang akhir hayatnya.

Dia absen di penghujung pertunjukan Paris Haute Couture terakhirnya pada Januari 2019, tetapi dia masih mendesain koleksi, bahkan memberi instruksi kepada timnya di Fendi untuk lini pakaian siap pakai musim gugurnya.

Selain merancang busana, Lagerfeld adalah seorang fotografer dan sutradara video. Ia turun langsung membuat semua kampanye iklan untuk merek yang ia rancang. Dia juga memotret inspirasinya dan bekerja dengan setiap model dan aktris top di industri ini, termasuk Claudia Schiffer, Kristen Stewart, dan aktris papan atas lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Met Gala 2023 dijadwalkan pada 1 Mei 2023. Pameran karya Lagerfeld akan dipamerkan kepada publik mulai 5 Mei 2023 hingga 16 Juli 2023.

Sebagai informasi, Karl Lagerfeld meninggal dalam usia 85 tahun pada 19 Februari 2019 di Paris, Prancis. Ia tutup usia karena kanker pankreas.

PEOPLE

Baca juga: Mengenal Sosok Desainer Legendaris Karl Lagerfeld

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."