The Garden of Time jadi Tema Met Gala 2024, Inspirasinya dari Cerpen Penulis Inggris Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jennie Blackpink debut di Met Gala pada Senin, 1 Mei 2023 mengenakan gaun Chanel dari era 1990-an. (Instagram/@chanelofficial)

Jennie Blackpink debut di Met Gala pada Senin, 1 Mei 2023 mengenakan gaun Chanel dari era 1990-an. (Instagram/@chanelofficial)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gelaran perayaan mode atau fashion, Met Gala 2024 akan diselenggarakan pada Senin, 6 Mei 2024. Meski masih tiga bulan lagi, pihak penyelenggara baru-baru ini mengumumkan tema yang nantinya menjadi dasar aturan berbusana atau dress code para tamu termasuk selebriti Hollywood. "The Garden of Time" menjadi tema Met Gala 2024. Tema ini terinspirasi dari cerita pendek atau cerpen tahun 1962 yang ditulis oleh penulis asal Inggris J. G. Ballard. Para tamu nantinya seolah dibawa ke dunia yang penuh dengan bunga mekar yang tembus cahaya dan dapat berubah waktu di dalam taman yang sangat halus.

Narasi Ballard, yang kental dengan etos fiksi ilmiah New Wave, secara rumit merangkai kisah pergolakan ekologi dan teknologi baru. Meskipun motif bunga siap mendominasi karpet merah gala, yang mencerminkan tema acara yang hijau, bahan sumber Ballard memiliki nuansa yang lebih gelap. Vogue memberikan sedikit bocoran kedalaman tematik akan menampilkan motif bunga yang murung tidak akan cukup murung. Hal itu mengisyaratkan lanskap busana yang berpotensi suram.

Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu dari Costume Institute, menggarisbawahi penghormatan pameran terhadap alam dan kekuatan emosi fashion, dengan menekankan apresiasi sensoris terhadap gaya. Dengan latar belakang kanvas busana konseptual ini, para ketua bersama Met Gala tahun ini bersama dengan anggota kehormatan yang terhormat, menjanjikan permadani kreativitas dan inovasi yang eklektik.

Tema tahun ini, dengan kompleksitasnya yang berlapis-lapis, sangat kontras dengan tema-tema sebelumnya, mencerminkan evolusi Met Gala dari penghormatan retrospektif ke hal-hal yang lebih abstrak dan introspektif. Para tamu, yang terinspirasi oleh narasi Ballard tentang pengurungan dan perubahan waktu, dapat menafsirkan tema tersebut melalui berbagai lensa, menyalurkan gambaran cerita yang menghantui dan tema eksistensial.

Seiring dengan semakin banyaknya antisipasi dan persiapan yang dilakukan, "The Garden of Time" akan menjadi perayaan transenden terhadap mode, kesenian, dan imajinasi naratif. Para tamu diajak menjelajahi alam fantasi dan kenyataan dalam sebuah simfoni gaya serta simbolisme.

Tema Met Gala tahun ini juga sebagai "jembatan" untuk pameran The Costume Institute yang akan datang bertajuk “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion". Pameran ini dijadwalkan menghiasi aula Metropolitan Museum of Art mulai 10 Mei hingga 2 September. Menampilkan sekitar 250 item yang dikurasi dengan cermat dari arsip Met yang luas, pameran ini menjanjikan perjalanan menawan melalui sejarah sejarah mode. Khususnya, benda-benda bersejarah yang halus akan disajikan dalam peti mati kaca yang digantung, mengingatkan pada tidurnya karakter animasi Putri Aurora dalam dongeng Sleeping Beauty.

Oiya, ketua bersama Met Gala 2024 adalah Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny, dan Chris Hemsworth.

Sebagai informasi, diselenggarakan dan dipimpin oleh pemimpin redaksi Vogue Anna Wintour sejak 1995, Met Gala telah menjadi perayaan mode tahunan yang sangat digemari. Met Gala adalah acara amal yang dianggap sebagai penggalangan dana untuk Institut Kostum Museum Seni Metropolitan, yang secara tradisional diatur waktunya untuk menandai pembukaan pameran mode tahunannya. Tahun demi tahun, acara ini mengumpulkan dana hingga ratusan juta dolar Amerika. Met Gala biasanya diadakan di Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat, pada hari Senin pertama bulan Mei setiap tahun.

Pilihan Editor: Met Gala 2022, Begini Reaksi Katy Perry saat Sandalnya Tersangkut

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."