6 Fakta Menarik Met Gala, Acara Mode Sekaligus Galang Dana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rihanna berpose dalam acara gala penggalangan dana tahunan yang diadakan untuk kepentingan Metropolitan Museum of Art's Costume Institute dengan tema tahun ini

Rihanna berpose dalam acara gala penggalangan dana tahunan yang diadakan untuk kepentingan Metropolitan Museum of Art's Costume Institute dengan tema tahun ini "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty" di di Met Gala, New York City, New York, AS, Mei 1, 2023. Rihanna menggunakan sepatu hak tinggi berwarna putih gading dengan beberapa sentuhan feminin, termasuk tali lilit dan roset cantik yang menempel di ujung runcing. REUTERS/Andrew Kelly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Acara mode sekaligus penggalangan dana, Met Gala tak lama lagi digelar, tepatnya awal Mei. Gaya busana para tamu salah satu sorotan acara tahunan tersebut. Selama beberapa tahun terakhir, kita telah melihat beberapa pakaian yang paling unik, mulai dari gaun Louis Vuitton metalik Taylor Swift hingga gaun kuning cantik Guo Pei milik Rihanna. Selain itu, ada sederet fakta menarik Met Gala yang perlu kita ketahui bersama. Yuk, kita kulik.

1. Sejarah Met Gala

Met Gala, juga dikenal sebagai Met Ball dan Costume Institute Gala, adalah acara penggalangan dana tahunan yang berlangsung di Metropolitan Museum of Art di New York, dan diselenggarakan oleh majalah Vogue.

Tradisi ini dimulai pada tahun 1948, ketika humas mode atau fashion Eleanor Lambert mempelopori acara penggalangan dana pertama untuk pameran fashion tahunan Costume Institute. Selama dua dekade pertama, gala tersebut mencakup makan malam khusus yang diadakan di tempat-tempat seperti Waldorf Astoria dan Rainbow Room. Namun di awal tahun 70-an, mantan pemimpin redaksi Vogue, Diana Vreeland, bergabung dengan Costume Institute sebagai konsultan dan memberikan peningkatan besar pada acara tersebut.

Berkat Vreeland, acara ini telah menjadi acara elit dan glamor, lengkap dengan tema-tema kreatif seperti Kubisme dan Mode, Kostum Kerajaan India, dan Zaman Napoleon. Pada tahun 1995, ketika pemimpin redaksi Vogue Anna Wintour menjadi ketua acara tersebut, tanggal resminya dipindahkan ke hari Senin pertama bulan Mei.

2. Rangkaian Acara Met Gala

Karpet Merah

Tentu saja, Met Gala tidak akan menjadi Met Gala tanpa puluhan selebriti yang menampilkan penampilan paling kreatif mereka. Pertama, para tamu berjalan di karpet merah, dan selalu menarik untuk melihat keunikan mereka dalam mengambil tema tertentu. Reaksi langsung dari para penggemar di media sosial sungguh luar biasa.

Tur Pameran

Setelah berjalan di karpet merah, pengunjung biasanya masuk ke dalam untuk melihat pameran baru tersebut untuk pertama kalinya. Dan tahun ini, pengunjung akan mendapatkan tur lengkap Sleeping Beauties: Reawakening Fashion.

Menurut Mike Hartman, yang bekerja sebagai server pada acara tahun 2018, biasanya ada pemandu yang memandu mereka melewati pameran. Dia mengatakan kepada Insider, "Ada pengawal yang membimbing mereka, tapi mereka diperbolehkan meluangkan waktu."

Fakta menyenangkan lainnya? Para selebritis juga memiliki akses ke "ruang pribadi", di mana mereka dapat mengganti pakaian mereka yang rumit atau "melakukan perbaikan" di tengah acara.

Sesi Koktail

Saat menggarap acara tahun 2018 dengan tema "Fashion and the Catholic Imagination", Hartman mengenang para tamu yang menikmati koktail sesampainya di dalam. Dia berkata, “Tahun itu, mereka pergi ke Kuil Dendur terlebih dahulu untuk mengadakan pesta koktail. Saya bukan bagian dari tim itu—mungkin sekitar satu jam atau lebih."

Makan Malam Formal

Setelah berkeliling pameran dan menyeruput beberapa minuman, para selebritas duduk untuk makan malam formal di Petrie Court—dan ada banyak persiapan yang harus dilakukan, menurut perencana pesta Eaddy Kiernan.

Dia mengatakan kepada Vogue, perlu kehati-hatian sangat tinggi saat mengatur tempat duduk.

“Kami benar-benar mencoba memikirkan dengan hati-hati tentang siapa yang duduk bersebelahan. Pasangan ideal kita mungkin adalah dua orang yang menurut kita akan cocok seperti rumah terbakar tetapi mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki banyak kesamaan. Jadi, dengan setiap orang, kami benar-benar meluangkan waktu untuk berpikir 'Apa yang akan mereka bicarakan?' Kami mencoba dan memikirkan banyak hal tentang jarak pandang dan di mana orang-orang pernah duduk di masa lalu. Dan kami mencoba memastikan seseorang tidak menatap mata mantan kekasihnya,” katanya. 

Hiburan

Para tamu dapat melihat setidaknya satu pertunjukan saat mereka menghadiri Met Gala. Tradisi ini sudah ada sejak 2010. Meskipun kita tidak tahu siapa yang tampil tahun ini, artis-artis terdahulu antara lain Bruno Mars, Rihanna, Katy Perry, dan Justin Bieber.

3. Tamu Undangan Met Gala

Seperti yang mungkin Anda ketahui dari acara sebelumnya, daftar tamu biasanya mencakup berbagai wajah terkenal, mulai dari atlet dan bintang media sosial hingga aktor dan politisi.

4. Tema Met Gala 2024 

Tema tahun ini adalah "Sleeping Beauties: Reawakening Fashion" dan tidak ada hubungannya dengan Putri Aurora dari dongeng klasik. Menurut situs resminya, pameran musim semi Costume Institute akan menampilkan 250 pakaian dan aksesori selama empat abad, dan berjanji untuk memberikan kehidupan baru ke dalam objek bertingkat ini melalui aktivasi kreatif dan imersif yang dirancang untuk menyampaikan bau, suara, tekstur, dan gerakan pakaian yang tidak bisa lagi berinteraksi langsung dengan tubuh.

Kurator Penanggung Jawab Andrew Bolton mengatakan kepada Fashionista, "Terakhir kali kami mengadakan pameran, yang secara eksklusif didasarkan pada koleksi kami 'About Time.' Selama bertahun-tahun, [kami telah mengadakan] pameran di mana kami mencoba membangkitkan kembali kostum dalam koleksi kami—biasanya secara konseptual, melalui interpretasi dan dengan menyandingkan pakaian bersejarah dan kontemporer secara berdampingan untuk saling memberi informasi dan menghidupkan satu sama lain. ingin benar-benar membangkitkan kembali kostumnya."

5. Tema Met Gala 2023

Tema tahun lalu adalah "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty". Pameran musim semi Costume Institute menghormati karya mendiang perancang busana Jerman, yang menjabat sebagai direktur kreatif Chanel.

Bolton mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Pameran ini akan mengeksplorasi metodologi kerja Lagerfeld yang kompleks, menelusuri evolusi fesyennya dari dua dimensi ke tiga dimensi. Garis-garis halus pada sketsanya menemukan ekspresi dalam tema yang berulang dalam fesyennya, menyatukan desainnya untuk Chanel, Chloé, Fendi, label eponymous miliknya, Karl Lagerfeld dan Patou, menciptakan karya yang beragam dan produktif yang tak tertandingi dalam sejarah fashion.”

6. Siapa yang Memimpin Met Gala?

Seperti biasa, Wintour akan memimpin acara tersebut. Dia akan bergabung dengan Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny dan Chris Hemsworth. Mereka mengikuti susunan pemain tahun lalu yang sama mempesonanya, termasuk Michaela Coel, Penélope Cruz, Roger Federer dan Dua Lipa.

Sebagai informasi, Met Gala 2024 akan digelar pada Senin, 6 Mei 2024

Pilihan Editor: Pemotretannya di Playboy, Inspirasi Busana Kim Kardashian di Met Gala 2023 

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."