Ilustrasi sakit perut. Shutterstock

kesehatan

Gairah Seksual Meningkat Jelang Menstruasi, Simak Efeknya saat Bercinta

Rabu, 5 April 2023 18:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mengalami peningkatan gairah seksual pada hari-hari sebelum menstruasi dimulai. Sementara seks adalah cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian Anda dari gejala PMS.

Saat Anda berovulasi (yang terjadi sekitar hari ke-14), Anda mengalami peningkatan hormon luteinizing dan progesteron saat tubuh Anda melepaskan sel telur untuk implantasi. Ini adalah titik dalam siklus Anda saat Anda paling subur, jadi masuk akal jika Anda mungkin mendambakan seks lebih dari biasanya selama beberapa hari.

Ahli Kebidanan dan Kandungan, Lauren Streicher, menjelaskan bahwa ovulasi adalah saat kebanyakan orang mengalami peningkatan gairah seksual: “Secara biologis, tujuan berhubungan seks, tentu saja, adalah untuk bereproduksi. Jadi, Anda ingin orang diberi insentif untuk berhubungan seks pada waktu paling subur mereka, dan bagi kebanyakan orang itu adalah 14 hari sebelum menstruasi."

Dia menjelaskan bahwa ada puncak testosteron pertengahan siklus, yang sering menyebabkan peningkatan libido. Namun, tepat sebelum menstruasi, tubuh Anda tidak terlalu subur.

Anehnya, tidak banyak yang diketahui tentang alasan gairah seksual pra-menstruasi. Tubuh setiap orang berbeda, dan itu benar-benar tergantung pada siklus khusus Anda dan bagaimana pengaruhnya terhadap suasana hati Anda.

Satu teori tentang horny pra-menstruasi berkaitan dengan keputihan yang dikeluarkan tubuh Anda selama fase luteal (karena melepaskan lapisan rahim sebelum menstruasi Anda dimulai). Anda biasanya akan mengalami lebih banyak cairan dari biasanya selama waktu ini, jadi Anda mungkin merasa lebih cepat basah saat terangsang.

Beberapa wanita mengatakan kembung PMS sebenarnya memberi tekanan pada area G-spot, sehingga memudahkan mereka untuk orgasme. Tidak ada bukti ilmiah konklusif untuk mendukung ide ini - tetapi jika itu terasa baik bagi Anda, silakan lanjutkan dan lanjutkan.

Streicher menjelaskan bahwa bagi banyak orang, hari-hari sebelum haid terasa tidak seksi. "Jika mereka memiliki gejala PMS, dan mereka merasa kembung dan memiliki payudara yang lembut dan berada di sisi moody," dia mencatat bahwa mereka mungkin tidak ingin berhubungan seks.

Satu teori tentang horny pra-menstruasi berkaitan dengan keputihan yang dikeluarkan tubuh Anda selama fase luteal (karena melepaskan lapisan rahim sebelum menstruasi Anda dimulai). Anda biasanya akan mengalami lebih banyak cairan dari biasanya selama waktu ini, jadi Anda mungkin merasa lebih cepat basah saat terangsang.

Beberapa wanita mengatakan kembung PMS sebenarnya memberi tekanan pada area G-spot, sehingga memudahkan mereka untuk orgasme. Tidak ada bukti ilmiah konklusif untuk mendukung ide ini - tetapi jika itu terasa baik bagi Anda, silakan lanjutkan dan lanjutkan.

Streicher menjelaskan bahwa bagi banyak orang, hari-hari sebelum haid terasa tidak seksi. "Jika mereka memiliki gejala PMS, dan mereka merasa kembung dan memiliki payudara yang lembut dan berada di sisi moody," dia mencatat bahwa mereka mungkin tidak ingin berhubungan seks. Dan itu juga tidak apa-apa. Tidak ada waktu yang benar atau salah untuk berhubungan seks demi kesenangan.

<!--more-->

Bagaimana efek berhubungan seksual sebelum menstruasi?

Ada kemungkinan berhubungan seks sebelum menstruasi dapat menyebabkan pendarahan lebih cepat dan membuat menstruasi Anda lebih mudah dikelola, tetapi jika tidak, Anda tidak akan melihat adanya perubahan yang signifikan.

Saat Anda mengalami orgasme, darah mengalir deras ke area genital Anda, dan ini dapat merangsang timbulnya menstruasi Anda (tetapi biasanya hanya jika terlambat).

Ini juga dapat membantu mendorong darah keluar dari sistem Anda lebih cepat. Streicher menjelaskan bahwa kram menstruasi disebabkan oleh peningkatan produksi prostaglandin, yang menyempitkan pembuluh darah di rahim dan menyebabkan kontraksi otot.

Penetrasi vagina berpotensi meningkatkan kram Anda jika penis atau mainan pasangan Anda mengenai leher rahim Anda, tetapi Streicher mengatakan itu juga bisa mendorong darah keluar dari tubuh Anda lebih cepat.

"Tapi sebenarnya tidak ada ilmu di balik itu," katanya, "selain itu kita tahu prostaglandin akan berdampak pada jumlah kram."

Banyak orang menemukan bahwa berhubungan seks selama menstruasi sebenarnya mengalihkan perhatian mereka dari kram. Siapa yang tidak menyukai kelembapan alami dan waktu yang lebih singkat? Ini sama-sama menguntungkan.

<!--more-->

Apakah ada kemungkinan hamil saat berhubungangan seksual sebelum menstruasi?

Seks pra-menstruasi mungkin terasa luar biasa, tetapi tidak sepenuhnya bebas dari risiko. "Itu bukan waktu yang paling mungkin bagi seseorang untuk hamil, tetapi dalam hal menghindari penggunaan kontrasepsi, tidak ada waktu yang 'aman'," kata Streicher.

Begini cara siklus menstruasi memengaruhi peluang Anda untuk hamil: Saat siklus dimulai, tubuh Anda memasuki fase folikuler, saat bersiap melepaskan sel telur untuk pembuahan.

Anda kemungkinan besar akan hamil pada hari-hari sebelum dan sesudah ovulasi, tepat di tengah siklus Anda. Dalam beberapa hari menjelang menstruasi, tubuh Anda melepaskan lapisan rahim berlebih yang dihasilkannya. Karena telur tidak lagi tersedia untuk dibuahi, Anda tidak mungkin hamil setelah ovulasi selesai.

Tapi inilah intinya: Siklus setiap orang sedikit berbeda. Jika Anda biasanya mengalami pendarahan setiap 21 hari, Anda memiliki rentang waktu yang lebih pendek antara ovulasi dan menstruasi, yang berarti Anda lebih mungkin untuk hamil pada minggu menjelang menstruasi dimulai.

Dan pendarahan tidak selalu menunjukkan menstruasi. Streicher mengatakan perdarahan di tengah siklus kadang-kadang bisa disalahartikan sebagai darah menstruasi (dan Anda kemungkinan besar akan hamil jika berhubungan seks di tengah siklus). Anda bisa menggunakan kontrasepsi agar lebih nyaman.

Melakukan seks pra-menstruasi yang nyaman

Bergantung pada apakah Anda mengalami kram atau gejala PMS lainnya, Anda mungkin ingin mengubah rutinitas seks agar lebih nyaman. Pada akhirnya tergantung pada apa pun yang terasa terbaik untuk Anda, tetapi berikut adalah beberapa ide:

Jika Anda khawatir akan pendarahan, letakkan handuk untuk melindungi seprai Anda dari kotoran. Siapkan tisu dengan pH seimbang untuk dibersihkan sesudahnya. Kembung sebelum haid tidak menyenangkan, dan mungkin membuat posisi tertentu tidak nyaman. Kendalikan saat berhubungan seks, dan lakukan perlahan jika Anda lebih sensitif dari biasanya. Jangan lupa komunikasikan dengan pasangan Anda.

Pilihan Editor: Migrain saat Menstruasi, Simak Gejala dan Cara Mengatasinya

GREATIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika