Tidak Harus Berhubungan Seksual, Anda Tetap Bisa Intim dengan Pasangan saat Menstruasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memutuskan apakah Anda ingin berhubungan seksual saat menstruasi atau tidak lebih merupakan preferensi. Beberapa orang menikmati sensasinya, sementara seks saat menstruasi dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman secara fisik. Namun, menjakin keintiman dengan pasangan tidak harus melulu berhubungan seksual. 

Manfaat Seks Menstruasi

Menginginkan kenikmatan seksual saat menstruasi adalah hal yang wajar, namun tidak semua perempuan nyaman . Beberapa benefitnya yang bisa didapatkn antara lain: 

1. Emosi yang menyenangkan

Menurut Oregon Health and Science University, seks secara umum dapat meningkatkan harga diri Anda, mengurangi depresi dan kecemasan, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur Anda, dan meredakan nyeri. Dan ya, manfaat ini juga terjadi saat berhubungan seks.

2. Meredakan gejala menstruasi

Seks juga berperan dalam meredakan gejala menstruasi seperti kram, nyeri payudara, dan kegelisahan mental. Dalam sebuah penelitian yang diluncurkan oleh Womanizer dan Lunette, 70 persen responden (341 orang) melaporkan bahwa masturbasi (alias seks solo) berdampak pada intensitas nyeri haid – dengan 93 persen dari mereka melaporkan seks solo setidaknya mengurangi intensitasnya.

Efek Samping dan Risiko Seks Menstruasi

Seks saat menstruasi memiliki risiko dan efek samping yang serupa dengan seks di luar menstruasi, termasuk kehamilan dan IMS. Anda mungkin juga mengalami ketidaknyamanan, itulah mengapa penting untuk selalu mendengarkan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa efek samping dan risiko seks menstruasi yang paling umum.

1. Kehamilan

Jika Anda memiliki vulva dan melakukan hubungan seks internal (vagina) dengan seseorang yang memiliki penis, Anda pasti masih bisa hamil saat berhubungan seks. Anda harus mempertimbangkan alat kontrasepsi, IUD, atau kondom. Jika metode perlindungan Anda gagal – seperti kondom rusak – Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi darurat seperti Plan B.

2. IMS

Anda tetap bisa menularkan atau tertular infeksi menular seksual saat menstruasi. IMS dapat ditularkan melalui hubungan seks vagina, seks anal, atau seks oral, kata American College of Obstetricians and Gynecologists. Pengendalian kelahiran tidak mencegah IMS; hanya metode penghalang (seperti kondom dan pelindung gigi) dan vaksinasi yang dapat membantu melindungi Anda. 

CDC merekomendasikan untuk melakukan tes IMS setidaknya setahun sekali, tetapi jika Anda memiliki banyak pasangan seksual atau tidak selalu menggunakan pelindung, Anda harus melakukan tes setiap tiga hingga enam bulan.

3. Tidak nyaman. 

Beberapa orang tidak menikmati seks selama menstruasi. Anda mungkin mengalami terlalu banyak kram untuk bersantai atau gerakan berulang pada alat kelamin Anda mungkin membuat Anda merasa sedikit lecet atau tidak nyaman. Dengarkan tubuh Anda, dan jika seks saat menstruasi bukan untuk Anda, nikmati istirahat selama siklus Anda. Jika Anda berhubungan seks saat menstruasi, pastikan untuk mengeluarkan tampon Anda sebelum melakukan hubungan seks internal apa pun (seperti menggunakan jari atau menggunakan vibrator, mainan  untuk menghindari mendorong tampon terlalu jauh ke belakang, atau berpotensi menyebabkan vagina terjepit. membuatnya macet.

Cara Menjalin Keintiman Saat Haid

Cara terbaik berhubungan seks adalah dengan cara apa pun yang Anda dan pasangan rasakan paling nyaman. Meskipun demikian, ada beberapa strategi yang akan membuat pengalaman menjadi lebih baik.

1. Bangun Obrolan Intim

Sebagai permulaan, lakukan percakapan terbuka sebelum Anda mulai. Jika Anda baru berhubungan seks saat menstruasi, ada baiknya Anda duduk bersama pasangan dalam suasana non-seksual untuk membicarakan preferensi dan batasan. Apakah Anda menyukai lisan? Lebih suka pakai kondom atau dental dam? Bagaimana perasaan Anda dan pasangan jika ada darah di tangan, badan, atau seprai? Mengukur tingkat kenyamanan Anda adalah cara yang bagus untuk melihat di mana kepentingan Anda tumpang tindih dan di mana kompromi dapat dilakukan.

2. Berikan perhatian khusus pada pemanasan

Foreplay adalah salah satu bagian seks yang terbaik dan terpenting. Foreplay adalah tindakan sensual, fisik, dan emosional yang mengarah pada seks yang berfokus pada alat kelamin. Ini bisa berupa ciuman, pijatan, permainan puting, dan perhatian lebih pada zona sensitif seksual seperti leher, kepala, perut, dan paha.

“Seks yang paling memuaskan adalah jika ditunda dan diperpanjang, lalu seluruh tubuh Anda terjaga dan hidup,” kata pelatih seks dan hubungan Kim Anami sebelumnya kepada POPSUGAR. "Dan Anda lebih mungkin mengalami orgasme seluruh tubuh ketika Anda melakukan itu karena Anda telah melibatkan seluruh tubuh Anda dan bukan hanya alat kelamin Anda."

Saat sedang menstruasi, Anda bisa memasukkan ide foreplay yang membuat Anda lebih nyaman dengan darah menstruasi. Anda bisa mandi bersama pasangan dan memanfaatkan kesempatan ini untuk membersihkan darah sambil menikmati sentuhan lembut dan ciuman yang dalam. Anda mungkin berada di ujung lain spektrum dan menganggap permainan darah erotis. 

3. Gunakan handuk atau alas

Seks saat menstruasi memang menyenangkan, tetapi bisa jadi berantakan. Pertimbangkan untuk meletakkan handuk di bawah Anda dan pasangan agar lebih mudah dibersihkan. Jika Anda khawatir aliran menstruasi Anda akan terhambat atau hanya ingin bermain air, mandi adalah pilihan yang bagus untuk pengalaman yang lebih intim dan bersih daripada tempat tidur.

4. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan. 

Benar-benar aman menggunakan mainan seperti vibrator atau dildo saat berhubungan seks, tetapi Anda harus selalu membersihkan mainan seks Anda sebelum dan sesudah digunakan. Seks oral juga baik-baik saja selama menstruasi — Anda bisa memakai cangkir menstruasi atau tampon saat oral untuk mengurangi aliran darah jika Anda mau, tapi itu tidak perlu. Untuk hubungan seks internal (vagina), keluarkan tampon atau cangkir menstruasi Anda untuk menghindari rasa tidak nyaman (atau yang terburuk, memaksakan tampon terlalu jauh ke dalam vagina).

Pilihan editor: Tips Tidur Nyaman saat Menstruasi, Mulai dengan Kebiasaan Sleep Hygiene

POP SUGAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."