Penyebab Perempuan Alami Gangguan Tidur saat Menstruasi, dari Hormon hingga Suasana Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita tidur dengan tangan di atas kepala sambil menggunakan penutup mata. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita tidur dengan tangan di atas kepala sambil menggunakan penutup mata. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, jika gangguan tidur biasa dialami perempuan saat menstruasi karena perubahan yang ada di tubuh wanita seperti hormon, aliran darah, suasana hati dan juga ada kecemasan menjelang tidur seperti serta terbangun di malam hari karena pembalut bocor sehingga kualitas tidur terganggu. 

"Akan tetapi, waktu dan kualitas tidur yang buruk juga dapat berdampak pada pengaruh emosional, kesehatan mental, dan produktivitas kegiatan remaja yang sedang padat-padatnya," ucap Melissa Magdalena, Psikolog Klinis Anak dan Remaja dalam acara Hers Protex Pajamas Party, Sabtu, 11 November 2023 di Jakarta. 

Kalau kita merujuk dari Library of Medicine, hasil penelitian menyatakan bahwa menstruasi punya pengaruh pada gangguan tidur. Nah, menurut Melissa ada beberapa alasan ketika wanita sedang menstruasi bisa menjadi gangguan tidur (kurang atau kelebihan tidur). 

Terlebih, bagi beberapa orang, saat menstruasi itu mengalami kesakitan, nyeri, dan enggak nyaman. Nah itu, mengalami kelelahan sebagai manusia di berbagai situasi, yang akibatnya jadi dua yakni  kurang tidur karena sakit, jadi tiduran saja sakit sehinggga memengaruhi waktu tidur. 

"Lalu yang kedua adalah perubahan hormon, yakni perubahan hormonal menjelang menstruasi dan saat menstruasi itu kan memang up and down banget, dan memang emosi kita bisa suka nangis atau naik turun. Dan itu berpengaruh pada metabolisme tubuh kita, yang memang membuat kita jadi sulit tidur," tambah dia.

Lantas, yang ketiga menurut penelitian adanya kecemasan. Apa kecemasan itu? "Yaitu yang mungkin saya dan teman-teman rasakan, takut bocor, takut nanti kena, ini kena itu, sudah benar belum ya pakainya? Sudah sesuai belum ya? Nah, beberapa hal tersebut pada saat menstruasi menjadi penyebab gangguan saat tidur," paparnya, 

Tentunya, kalau kita punya gangguan tidur entah itu kelebihan atau kekurangan, namanya juga gangguan tidur, proporsi tidak pas sehingga berpengaruh pada waktu tidur. Jadi kelebihan atau kekurangan sangat bisa berpengaruh pada kualitas tidur kita. 

Kalau sudah seperti itu, yang bisa kita bayangkan itu pada keseharian kita. Kalau kita kurang tidur nih, semalam, pas bangun paginya jadi sulit bangun ya, jadi ngantuk seharian. Nanti kalau kita sulit untuk konsentrasi, ternyata memang gangguan tidur berpengaruh pada saat kita mengambil keputusan," pungkasnya. 

Pilihan Editor: Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Obesitas Bisa Jadi Salah Satu Penyebab

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."