Tips Tidur Nyaman saat Menstruasi, Mulai dengan Kebiasaan Sleep Hygiene

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan penutup mata saat tidur. Foto: Freepik.com/senivpetro

Ilustrasi wanita menggunakan penutup mata saat tidur. Foto: Freepik.com/senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu keluhan perempuan saat datang siklus menstruasi ialah gangguan tidur, baik kurang atau berlebihan. Walaupun gejala tersebut tidak sepenuhnya dapat dihilangkan, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menambah kenyamanan saat tidur di malam hari saat menstruasi. 

Psikolog Klinis Anak dan Remaja, Melissa Magdalena membagikan tips agar bisa tidur nyenyak saat menstruasi. Dimulai dari sleep hygiene atau kebersihan saat tidur, mulai dari membiasakan area tidur bersih dan nyaman. 

"Misalnya dengan menghidupkan lampu, pasang wewangian boleh juga, dan memastikan tempat tidur dalam keaadan bersih. Terkadang ada beberapa orang yang sukanya pakai seprei baru dan rapi. Nah, itu sengaja dilakukan karena kalau sudah terbiasa sleep hygiene bisa mengurangi kemungkinan terhindar dari gangguan tidur," dalam acara Hers Protex Pajamas Party, Sabtu, 11 November 2023 di Jakarta. 

Tak lupa, Melissa juga membagikan kebiasaan dia sebelum tidur agar lebih nyaman dan nyenyak yakni mengafirmasi dan memberi inspirasi pada diri sendiri. "Misalnya good job Melisa. Apapun yang mungkin telah terjadi, anak nangis, jalanan macet, it's okay good job. Kamu sudah lakukan yang terbaik’ boleh ditepuk-tepuk pundaknya, boleh dipeluk erat pinggangnya  ‘i love you Melisa, aku berharga, aku pantas ada di dunia ini," papar Melissa agar membuat diri lebih tenang. 

Tips lain yang dibagikan oleh Melissa adalah menjaga pola hidup sehat dan merawat diri dengan perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih kurang lebih dua liter per hari, hindari screen time minimal 30 menit sebelum tidur, memilih pakaian tidur yang nyaman termasuk pakaian dalam, dan pastikan sudah menggunakan pembalut yang bersih dan dengan ukuran yang sesuai untuk malam hari.

Pilihan Editor: Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Obesitas Bisa Jadi Salah Satu Penyebab

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."