Ilustrasi sheet mask. irishnews.com

kecantikan

Mengenal Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya, dari Sheet Mask hingga Peel-Off Mask

Minggu, 26 Maret 2023 11:17 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker wajah telah menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit karena menawarkan berbagai manfaat mulai dari pengelupasan sel kulit mati hingga menghidrasi dan mencerahkan kulit. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasaran, memilih jenis masker wajah yang tepat untuk kulit Anda bisa sangat membingungkan. Yuk kita simak, jenis-jenis masker wajah dan manfaatnya bagi kulit wajah.

1. Masker Tanah Liat

Masker tanah liat atau clay mask sangat cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat. Masker tanah liat bekerja dengan mengeluarkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit, juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi peradangan, serta menenangkan kulit.

2. Sheet Mask

Masker lembaran atau sheet mask bermanfaat untuk menambahkan dorongan hidrasi instan ke kulit. Masker tersebut dibasahi berbagai serum dan esens, mengantarkan bahan-bahan yang ditargetkan ke kulit. Sheet mask juga membantu untuk mencerahkan, menenangkan dan membuat kulit lebih kenyal.

Baca juga: 3 Kesalahan Umum Pakai Sheet Mask, Jangan Lupa Bersihkan Wajah

3. Masker Pengelupasan

Masker pengelupasan atau exfoliating mask bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan halus. Masker tersebut mengandung exfoliant fisik atau kimia yang berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit.

<!--more-->

4. Sleeping Mask

Seperti namanya, sleeping mask dioleskan sebelum tidur dan dibiarkan semalaman, memungkinkan kulit menyerap nutrisi dan manfaat masker saat Anda tidur. Sleeping mask bekerja untuk melembapkan sekaligus mencerahkan, menjadikannya tampak segar dan diremajakan di pagi hari.

5. Peel-Off Mask

Masker peel-off sangat cocok untuk menghilangkan komedo dan membuka pori-pori yang tersumbat. Mereka bekerja dengan menempel pada kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih, yang kemudian dihilangkan saat Anda melepas masker dengan cara dikupas.

6. Masker Emas

Masker emas diresapi dengan emas 24k, yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Mereka bekerja untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit, membuatnya tampak awet muda dan bercahaya.

7. Masker Arang

Masker arang atau charcoal mask sangat cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat. Mereka bekerja dengan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit, seperti masker tanah liat. Namun, mereka juga mengandung arang aktif, yang membantu mendetoksifikasi kulit dan membuang racun dan polutan.

Apa pun jenis atau masalah kulit Anda, ada beragam jenis masker wajah di luar sana yang dapat bermanfaat bagi Anda. Pilihlah yang sesuai jenis dan masalah kulit Anda.

Pilihan Editor: 5 Resep Masker Wajah Berbahan Kunyit

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika