5 Jenis Masker Wajah dan Penggunaanya yang Tepat, Rutinitas Mingguan yang Menyenangkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ternyata masker wajah memiliki beberapa macam bentuk dan cara penggunaannya lho Sahabat Cantika. Mulai dari racikan hingga yang mudah dipakai. Dari yang dibilas hingga didiamkan semalaman. Dalam penggunaan masker wajah ini memiliki ketentuan cara tersendiri agar perawatan wajahmu semakin maksimal. Secara umum, berikut 5 jenis masker dan penggunaannya yang tepat:

1. Masker Bubuk / Racikan

Jenis masker wajah dalam bubuk ini biasa disebut dengan masker racikan. Karena sebelum penggunaan, biasanya masker ini diracik dahulu dengan mencampurkan bubuk masker dengan air bersih, atau bisa juga dengan air mawar. Kita bisa menyesuaikan takaran masker sesuai kebutuhan. Kita juga memerlukan kuas masker serta wadah untuk mengaduk masker jika ingin menggunakan masker jenis ini.

Biasanya penggunaan masker bubuk cukup didiamkan 10-20 menit, lalu dibilas dengan air bersih. Kalau terlalu lama didiamkan, masker justru membuat kulit terasa kering. Kelebihan dari masker bubuk biasanya terdapat banyak varian seperti cokelat, strawberry, teh, mawar, beras, dan juga bengkoang. Kekurangannya mungkin akan terasa sedikit ribet untuk beberapa orang. Karena perlu meracik sendiri dan menyiapkan beberapa bahan dan alat tambahan.

2. Mud Mask dan Clay Mask

Masker bubuk atau racikan biasanya juga menyediakan varian Mud Mask atau Clay Mask. Tapi saat ini sudah ada brand-brand kecantikan yang secara khusus menyediakan Mud Mask dan Clay Mask siap pakai. Ada yang dikemas dengan kemasan tube, plastik tebal, dan juga jar atau pot.

Seperti namanya, jenis masker mud mask ini memiliki tekstur sedikit berminyak dibandingkan Clay Mask atau masker tanah liat. Mud Mask cenderung memberikan kelembaban dibandingkan Clay Mask yang terfokus pada penyerapan minyak berlebih di wajah. Efek kedua masker ini hampir mirip karena sama-sama bisa membersihkan komedo dan pori-pori wajah dengan maksimal. Namun kembali lagi, harus disesuaikan dengan kebutuhan wajah sebelum menggunakan masker ya kawan.

Baca Juga:

Penggunaan Mud Mask atau Clay Mask harus benar-benar diperhatikan durasinya. Antara 15-30 menit lalu dibilas. Jika terlalu lama, efek masker yang mengeras sangat tidak nyaman di wajah. Selain itu juga bisa menyebabkan kulit terasa sangat kering. Selain itu pilihlah merek masker wajah sesuai dengan jenis kulitmu ya.

3. Peel Off Mask

Macam masker jenis ini bisa dibilang praktis karena tanpa harus membilasnya, namun harus dikelupas ketika selesai digunakan. Durasi penggunaannya juga sama, maksimal 30 menit. Jika lebih dari itu biasanya masker Peel Off sulit dikelupas dan ada rasa sakit di wajah karena menempel terlalu kuat.

Ada masker Peel Off yang mengharuskan wajah tetap dibilas setelah penggunaan, ada juga yang tidak perlu dibilas. Masker Peel Off ampuh untuk mengatasi masalah komedo di wajah. Biasanya area hidung dan pipi merupakan area yang paling banyak menarik komedo ketika masker Peel Off ini dikelupas.

4. Sheet Mask

Berawal dari trend drama Korea, Sheet Mask viral di Indonesia. Cara pakai yang mudah serta kandungan serum yang melimpah membuat Sheet Mask menjadi idola para skincare lovers. Harga yang bervariatif serta pilihan yang banyak membuat wanita rela memborong beberapa varian Sheet Mask sekaligus saat berbelanja.

Cukup buka kemasan lalu tempelkan Sheet Mask di wajah selama 20-30 menit. Tidak perlu dibilas, bahkan sisa serum yang masih ada di masker atau kemasan masih bisa dioleskan di bagian tubuh yang lain seperti leher ataupun tangan. Sensasi dingin dalam Sheet Mask membuat kita merasa tenang dan nyaman saat menggunakan masker ini.  Penting untuk diingat jika tidak hanya untuk dewasa, produk skincare ini cocok untuk kulit remaja atau pemula yang sedang mencoba merawat kulit pertama kali. 

5. Sleeping Mask

Varian masker yang terakhir adalah Sleeping Mask. Digunakan sepanjang malam tanpa perlu dibilas. Masker jenis ini sangat cocok untuk kita yang suka lupa durasi memakai masker lho.

Tahapan Sleeping Mask biasanya setelah penggunaan serum di malam hari seperti menggunakan krim wajah. Namun krim malam tidak perlu digunakan jika kita ingin memakai Sleeping Mask, karena kandungan pelembab di Sleeping Mask sudah cukup tinggi. Keesokan paginya setelah mememakai masker jenis ini, wajah akan terasa kenyal dan lembab. Penggunaan Sleeping Mask juga tidak perlu dibilas. Tekstur Sleeping Mask biasanya berbentuk Gel agar cepat meresap saat digunakan.

Nah diantara kelima jenis masker diatas, kamu paling sering atau suka menggunakan masker yang mana kawan? Masker juga bisa digunakan pria lho. Pasti seru ya maskeran bareng keluarga atau pasangan, terutama saat mengisi waktu liburan. Yang pasti tetap sesuaikan kondisi wajah sebelum memilih masker ya kawan. Durasi penggunaan masker juga diperhatikan agar kita dapat manfaat masker secara maksimal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."