5 Resep Masker Wajah Berbahan Kunyit

Wanita menggunakan masker wajah berbahan alami.Canva.com

kecantikan

5 Resep Masker Wajah Berbahan Kunyit

Selasa, 9 Februari 2021 11:25 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta -

Bukan rahasia lagi, jika kunyit adalah sahabat perempuan. Rempah yang sering jadi bumbu dalam masakan Nusantara ini, dipercaya bisa mengurangi rasa sakit perut saat menstruasi. Tapi bukan cuma itu, loh, kunyit juga bisa kita gunakan sebagai masker wajah

Dikutip dari alluringsoul, kunyit telah digunakan para perempuan sejak lebih dari seribu tahun lalu untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Kunyit juga dipercaya dapat menjadikan kulit tampak sehat dan cantik. Lewat penelitian para ahli, diketahui rempah Nusantara ini memang memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti antiinflamasi atau antiradang, antimikroba, antioksidan, hingga antineoplastik. 

Buat kamu yang mau mencoba masker alami berbahan kunyit, kamu bisa menggunakan resep-resep di bawah ini, sesuai kebutuhan kulit wajahmu. Tapi ingat, jangan terlalu lama mengaplikasikan masker ini, ya. Kamu hanya butuh 30 menit saja agar warna kuning kunyit di wajahmu bisa cepat luntur. Pastikan juga kamu memang akan berada di rumah saja, setelah mengenakan masker ini. 

 

Masker kunyit untuk mencerahkan wajah

Zat yang terkandung dalam kunyit mampu mencerahkan wajah, menghilangkan bintik hitam, menghilangkan bekas jerawat, dan menjaga kekencangan kulit. Kamu bisa menambahkan pisang atau lemon untuk jenis wajah yang berbeda. Pisang cocok digunakan untuk kamu yang berkulit kering karena kandungan potasium dan vitamin dalam pisang mampu menghidrasi serta melembabkan. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilihlah perasan lemon. 

Bahan:

1 sdt bubuk kunyit

2 sdt bubur pisang atau 1 sdt perasan lemon

½ sdt madu

Campurkan semua bahan, aduk merata dengan sendok hingga berbentuk krim. Ratakan pada wajah dan leher lalu diamkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air hingga bersih. 

 

Masker kunyit untuk menghilangkan jerawat

Kunyit sangat efektif dalam mengatasi dan mencegah jerawat karena rempah dapur ini bisa mengurangi minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat. Fungsi antiinflamasinya bisa mengurangi peradangan kulit, sementara zat antibakteri di dalamnya mampu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Bahan:

1 sdt bubuk kunyit

1 sdt lidah buaya

3 tetes minyak esensial tea tree

½ sdt perasan lemon

Aduk bahan hingga teksturnya berupa krim. Ratakan masker pada bagian wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit. Cuci wajah dengan air hingga bersih. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

 

Masker kunyit untuk mengurangi kerutan pada wajah

Kunyit memiliki antioksidan yang berfungsi menghambat penuaan kulit. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga sanggup membantu regenerasi sel-sel kulit. Agar fungsi ini makin optimal, kamu membutuhkan minyak esensial mawar yang mampu menjaga pH kulit serta putih telur yang mengandung vitamin A.  

Bahan:

1 sdt bubuk kunyit

minyak esensial mawar secukupnya

1 sdt putih telur

Campur semua bahan dengan menggunakan sendok. Gunakan pada bagian wajah hingga leher, diamkan selama 30 menit. Pijat bagian yang sudah menggunakan masker selama 3-5 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

 

Masker kunyit untuk wajah berminyak

Kunyit dan ekstrak lidah buaya adalah kombinasi yang bisa mengatasi wajah berminyak. Keduanya punya fungsi mengontrol produksi sebum pada wajah. 

Bahan: 

1 sdt bubuk kunyit

1 sdt gel lidah buaya

½ sdt perasan lemon

Campurkan semua bahan dan aduk rata hingga berbentuk krim. Aplikasikan pada wajah dan leher, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas wajah hingga bersih. Kamu bisa mengulangi penggunaan 2-3 kali dalam seminggu.

 

Masker kunyit untuk kulit kering

Dengan bantuan krim susu dan madu, kunyit bisa punya fungsi melembabkan wajah. Nah, kalau kulitmu sudah lembab dan lembut, wajahmu otomatis akan tampak lebih cerah. 

Bahan: 

1 sdt bubuk kunyit

1 sdt krim susu kental

1 sdt madu

Aduk semua dalam mangkuk hingga merata. Kenakan pada wajah dan bagian lehermu. Biarkan selama 30 menit lalu bilas bersih. Masker wajah ini bisa kamu gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

DIY Masker Wajah dari Kunyit Agar Kulit Glowing. Instagram/@cantikadotcom

Baca juga: 3 Cara Merawat Kulit Wajah yang Berjerawat Akibat Penggunaan Masker