7 Kesalahan Memakai Masker Wajah yang Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi wanita mengenakan masker wajah. Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menerapkan masker wajah dapat menjadi bagian yang menguntungkan dari rutinitas perawatan kulit, tetapi penting untuk melakukannya dengan benar untuk memaksimalkan manfaat dan menghindari masalah kulit baru. Berikut adalah sederet kesalahan memakai masker wajah yang perlu dihindari saat menggunakan masker wajah.

1. Tidak Ada Pengujian di Area Kulit Lain

Menerapkan masker wajah tanpa menguji itu terlebih dahulu termasuk kesalahan memakai masker wajah. Mengapa demikian? Karena kulit setiap orang bereaksi berbeda terhadap produk perawatan kulit, bisa jadi masker wajah bekerja dengan baik untuk satu orang, namun bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi di pada yang lain. Pengujian pada area kecil kulit membantu Anda mengidentifikasi reaksi buruk sebelum menerapkan produk ke seluruh wajah Anda.

2. Terlalu Sering Memakai Masker Wajah

Masker wajah dapat memberikan banyak manfaat, tapi menggunakannya terlalu sering dapat menyebabkan eksfoliasi dan iritasi berlebihan.

3. Menggunakan Masker Eksfoliasi Berlebihan

Masker eksfoliasi memang bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati, tapi lain cerita jika dilakukan berlebihan bisa  menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan peningkatan sensitivitas. Ikuti instruksi penggunaan masker wajah yang disarankan pada produk atau berkonsultasi dengan dokter kulit untuk nasihat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Tidak Membersihkan Wajah

Masker wajah lebih efektif ketika diterapkan pada kulit bersih. Jika wajah Anda tidak dibersihkan dengan benar, produk mungkin tidak dapat menembus kulit secara efektif, juga mengurangi kemanjuran keseluruhannya.

Pastikan untuk membersihkan wajah Anda sebelum mengoleskan masker wajah apa pun.

5. Tidak Mencuci Tangan

Selain wajah yang perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum memakai masker wajah, tangan juga perlu dipastikan kebersihannya terlebih dahulu. Penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menggunakan masker wajah karena jika tidak, minyak dan bakteri yang ada di tangan bisa berpindah ke wajah Anda.

6. Memakai Masker Wajah Terlalu Lama

Setiap masker wajah memiliki instruksi khusus mengenai durasi yang disarankan untuk aplikasi. Meninggalkannya lebih lama dari yang disarankan dapat menyebabkan pengeringan kulit yang berlebihan atau, dalam beberapa kasus, iritasi. Selalu ikuti waktu yang disarankan dan bersihkan masker wajah segera untuk menghindari reaksi yang merugikan.

7. Mencampur Produk yang Tidak Kompatibel

Beberapa bahan dalam masker wajah dapat berinteraksi secara negatif dengan produk perawatan kulit atau bahan lain yang Anda gunakan. Mencampur produk yang tidak kompatibel dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, atau bahkan reaksi alergi. Berhati-hatilah dengan bahan-bahan dalam rutinitas perawatan kulit Anda, dan jika Anda memiliki keraguan, konsultasikan dengan dokter kulit.

Pilihan Editor: Mengenal Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya, dari Sheet Mask hingga Peel-Off Mask

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."