3 Kesalahan Umum Pakai Sheet Mask, Jangan Lupa Bersihkan Wajah

Ilustrasi sheet mask. wellingsco.com

kecantikan

3 Kesalahan Umum Pakai Sheet Mask, Jangan Lupa Bersihkan Wajah

Rabu, 29 Juli 2020 08:55 WIB
Reporter : Non Koresponden Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Di era serba cepat dan praktis, jenis masker yang dulunya dengan cara dioles dan peel off, kini berkembang menjadi sheet maskInovasi teknologi produk kecantikan ini diminati para perempuan yang tak bisa atau enggan menjalani rangkaian perawatan yang panjang dan lama.

Sheet mask atau face mask merupakan masker instan yang menggunakan media tisu khusus sebagai penyimpan bahan-bahan aktif yang dibutuhkan kulit wajah. Sheet mask kian diminati lima tahun belakangan karena tiga alasan, yaitu tidak perlu banyak persiapan, mudah digunakan, dan hasil langsung terasa, yaitu melembapkan.

Manfaat melembapkan dari sheet mask bisa tak didapatkan jika salah langkah pemakaiannya ataupun keliru memilih kandungan di dalamnya.

“Kita harus paham jenis kulit dan varian sheet mask-nya, selain itu cara pakai yang salah juga bisa membuat kulit bermasalah,” kata Brand Representative Mediheal Indonesia, Vania Anisya, dalam jumpa pers virtual Mediheal pada Selasa, 28 Juli 2020.

Agar Anda dapat merasakan manfaat optimal sheet mask, Vania pun berbagi kesalahan umum yang kerap ditemui saat memakai sheet mask

1. Keliru memilih sheet mask

Dalam pemilihan jenis sheet mask, pengguna harus mengetahui jenis dan kebutuhan kulitnya. Menurut Vania, kondisi kulit seseorang bisa berubah berdasarkan cuaca ataupun hormon. Dengan mengetahui kondisi kulitnya, pengguna dapat menentukan kandungan-kandungan sheet mask yang cocok dengan kulitnya.

Vania mencontohkan, kandungan vitamin C tidak bisa diterima oleh kulit sensitif setiap hari. Untuk mengatasinya, pemakaian sheet mask yang mengandung vitamin C bisa dilakukan selang seling.

2. Tidak membersihkan kulit wajah sebelum memakai sheet mask

Sebelum menggunakan sheet mask, kulit wajah terlebih dahulu harus dibersihkan dari segala kotoran. Hal tersebut untuk memaksimalkan nutrisi yang terkandung pada sheet mask. Vania juga mengingatkan, pemakaian sheet mask pada kulit yang kotor dapat menimbulkan jerawat atau bruntus pada kulit wajah.

3. Durasi pemakaian yang terlalu lama

Menurut Vania, durasi penggunaan sheet mask yang ideal adalah 20 menit. Penggunaan sheet mask yang terlalu lama berpotensi menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

“Kalau lebih dari 20 menit, essense dari face mask bisa menguap dan tidak diserap kulit. Bahkan bisa membuat kulit semakin kering,” tutur Vania. Dia juga mencontohkan salah satu akibat penggunaan sheet mask yang salah adalah kulit bruntusan.

MUHAMMAD AMINULLAH