Ilustrasi pasangan berkencan. Shutterstock

cinta

7 Kebiasaan Buruk saat Kencan yang Perlu Kamu Hindari

Sabtu, 18 Februari 2023 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Agar kencan kamu berhasil, tak cuma persiapan penampilan dan bahan obrolan yang perlu dimatangkan, tapi juga menghindari kebiasaan buruk saat kencan. Kebiasaan-kebiasaan ini tanpa disadari bisa menyabotase perkembangan kehidupan percintaan kamu. Sebab praduga atau penilaian yang muncul dari kebiasaan tersebut bisa menghalangi kamu membuka diri lebih luas untuk mengenal pria tersebut. Yuk, kita simak apa saja kebiasaan buruk saat kencan yang perlu dihindari.

1. Menilai dari Komunikasi Digital Saja

Memang menyenangkan untuk bisa membuka diri, tapi tembok digital di antara kalian bisa menumbuhkan rasa kedekatan yang semu. Selain tidak tahu apakah ada chemistry secara langsung yang bertentangan dengan kepercayaan umum, kamu juga tidak melihat mereka dalam konteks dunia nyata. Bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain, bagaimana mereka bersikap di depan umum, apakah gaya percakapan kalian benar-benar cocok secara personal.

2. Menetapkan Tipe Ideal yang Tak Logis

Kamu boleh memilih sesuai kata hati, tetapi jika kamu menolak seseorang karena hal-hal yang secara logis kamu tahu tidak penting, terutama sebelum bertemu dengannya, berarti kamu telah menutup koneksi potensial secara berlebihan.

3. Berasumsi

Masa pendekatan sebelum kencan pertama adalah hal yang normal untuk merasakan debar-debar antisipasi. Tapi jangan biarkan ekspektasi kamu mempengaruhi penilaian kamu terhadap penampilan fisiknya saat bertemu.

Sekali lagi, ini bukan hal yang murni fisik saja, kamu mungkin telah membuat beberapa asumsi tentang kepribadian mereka berdasarkan profil mereka, foto-foto mereka, dan beberapa pesan.

Alih-alih terpaku pada apa yang tidak mereka lakukan, jaga agar mata kamu tetap terbuka pada hal lain yang mereka ungkapkan kepadamu. Mungkin mereka tidak terlalu ramah seperti yang kamu harapkan, tapi di balik penampilannya yang pendiam, mereka memiliki selera humor yang tinggi.

<!--more-->

4. Terlalu Banyak Curhat dan Analisis

Mencurahkan isi hati kamu dengan teman merupakan sebuah hal yang wajar, tapi jika kamu terlalu banyak membahas setiap respon teks dalam obrolan grup pertemananmu, kamu mungkin perlu mundur selangkah.

Pada akhirnya, hanya kamu yang tahu apa yang tepat untukmu, dan semakin banyak pendapat yang kamu dapatkan, maka pandangan kamu tak lagi orisinal.

Terlalu banyak menganalisis adalah sebuah kebiasaan yang buruk dan menurut pengalaman yang sudah-sudah, pendapat kedua atau ketiga atau bahkan keempat hanya akan membuat kamu lebih buruk lagi.

5. Bersikap Pasif

Kamu dan dia cocok, serta sudah berkencan beberapa kali, tapi tidak ada kepastian dari si dia tentang kelanjutan hubungan. Memberi kesempatan pada orang lain memang baik, tapi penting juga untuk memeriksa perasaan kamu sendiri dan tidak hanya mengiyakan apa yang orang lain inginkan.

Kamu 90% yakin bahwa kamu menginginkan sebuah hubungan, tapi pria yang kamu temui mengatakan bahwa dia menginginkan sesuatu yang lebih santai. Namun, karena dia tampak cerdas secara emosional dan chemistry, kamu masih memberikan kesempatan untuk kesekian kalinya.

Meskipun strategi ini mungkin bisa berhasil pada beberapa kesempatan, kamu mungkin akan semakin menyakiti diri sendiri karena membohong diri sendiri. Selain itu, kamu juga menyakiti dia yang mungkin mengartikan sikap pasif kamu sebagai komitmen.

Baca juga: 15 Ide Kencan Malam yang Simpel dan Intim

<!--more-->

6. Terlalu Kepo Tentang Dia di Media Sosial

Mencari tahu tentang si dia sebelum pergi kencan, hampir semua melakukannya, bukan? Sebenarnya itu salah satu langkah cerdik untuk memastikan dia bukan pembunuh, playboy, atau pasangan orang lain. Akan tetapi, jika kamu terlalu kepo dengan gambaran dia di media sosial, kamu bisa terkukung dengan pandangan tersebut. Cukup jadikan apa yang dilihat di media sosial sebagai gambaran dasar, biarkan diri kamu mengenal siapa dia sesungguhnya saat tatap muka.

7. Tidak Berterus Terang saat Kamu Tidak Menyukai Seseorang

Setelah dua kali kencan, kamu bisa dengan pasti mengatakan bahwa dia bukan orang yang tepat untukmu, tetapi kamu belum bisa mengatakannya secara langsung. Karena kamu tidak ingin bersikap kasar, jadi kamu mulai mengurangi balasan dan berharap dia mengerti.

Memang tidak ada yang menyukai penolakan, tapi jangan pula memberikan harapan palsu kepada dia. Cobalah ungkapkan seperti berikut, "Aku senang mengenal kamu, tapi saya rasa kita tidak cocok. Ada perempuan yang lebih baik untuk kamu". Jika dia terus mengganggu kamu setelah itu, kamu berhak mendiamkan, bahkan melaporkan jika kondisi memburuk.

Pilihan Editor: 6 Hal yang Diinginkan Pria di Kencan Pertama

WIDYA FITRIANINGSIH | PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika