5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Keriput Lebih Cepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebijaksanaan bukanlah satu-satunya hal yang muncul seiring bertambahnya usia. Kerutan juga demikian! Meski demikian, perlu diketahui beberapa kebiasaan buruk yang bikin kulit keriput lebih cepat. Singkatnya, menghindari kebiasaan tersebut bisa cegah penuaan dini. Apa saja itu? Berikut lima di antaranya menurut dokter Neha Khuraana, ahli kulit bersertifikat dan Pendiri House of Aesthetics.

1. Tidak Pakai Tabir Surya secara Teratur

Salah satu alasan terbesar di balik kerutan dini adalah kerusakan akibat sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) matahari menembus kulit dan memecah kolagen serta elastin yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Untuk melindungi kulit, jadikan tabir surya sebagai kebiasaan sehari-hari, bahkan saat cuaca mendung. Gunakan tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30, dan ingatlah untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam saat berada di luar ruangan.

2. Tidak Minum Cukup Air

Dehidrasi juga bisa menjadi faktor berkembangnya kerutan. Ketika kulit kekurangan kelembapan akan kehilangan elastisitasnya dan tampak kering serta berkerut. Pastikan Anda minum setidaknya delapan gelas air sepanjang hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam. Selain itu, konsumsilah makanan yang menghidrasi seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Merokok 

Merokok tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan yang serius, tetapi juga mempercepat proses penuaan kulit. Bahan kimia dalam asap tembakau merusak serat kolagen dan elastin, yang menyebabkan kerutan dini dan kulit kendur.

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Carilah dukungan dari teman, keluarga, atau ahli kesehatan untuk menghentikan kebiasaan tersebut selamanya.

4. Kurang Tidur

Kurangnya kualitas tidur dapat berdampak buruk pada kulit, menyebabkan kerusakan kolagen dan kulit kusam. Pastikan Anda tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam agar tubuh Anda punya waktu untuk memperbaiki dan meremajakan. Pertahankan rutinitas waktu tidur dan ciptakan lingkungan yang ramah tidur untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda.

5. Pola Makan Tidak Sehat

Pilihan pola makan yang buruk juga dapat berdampak pada kesehatan kulit dan menyebabkan kerutan. Gabungkan berbagai buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ke dalam makanan Anda yang kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C dan E, dan antioksidan, untuk memberi kulit Anda nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat dan awet muda.

Kerutan adalah bagian alami dari penuaan, namun banyak pilihan gaya hidup yang dapat mempercepat perkembangannya. Jadi, kendali ada di tangan Anda! Ambil langkah untuk meminimalkan munculnya kerutan dan menjaga kulit sehat sesuai usia.

Pilihan Editor: 6 Kebiasaan Buruk yang Memicu Penyakit

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."