Sebelum Kencan, Perhatikan 5 Tips Ini Agar Kamu Memiliki Hubungan yang Aman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan kencan di malam hari. Foto: Freepik.com

Ilustrasi pasangan kencan di malam hari. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang memiliki gaya keterikatannya sendiri dalam saat memutuskan ajakan kencan. Meskipun beberapa orang memiliki gaya keterikatan cemas, ada pula yang memiliki gaya keterikatan aman. Dalam gaya keterikatan aman, seseorang biasanya sudah matang secara emosional untuk menangani suatu hubungan dan dapat mengatasi emosinya dengan cara yang aman. 

Untuk menjalin hubungan dengan keterikatan yang aman, kita perlu mengatasi pikiran dan pola perilaku yang tidak sehat untuk menciptakan lebih banyak kesadaran diri. 

"Pelajari wawasan berharga, teknik praktis, dan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk menciptakan hubungan yang sehat dan memuaskan," tulis Spesialis Hubungan Rose Viggiano. 

Rose membagikan enam tips yang harus dilakukan agar bisa berkencan dan menjalin hubungan dengan aman. 

1. Perjelas niat berkencan

Kita perlu yakin dengan apa yang kita cari dalam hubungan tersebut. Baik itu hubungan monogami atau hubungan asmara jangka pendek, kita harus memiliki kejelasan tentang niat kita dan bagaimana kita ingin melanjutkan hubungan tersebut.

2. Nyatakan hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan

Kita harus memiliki kejujuran dan kejelasan sejak awal hubungan. Kita harus dengan jelas menyatakan hal-hal yang kita inginkan dan hal-hal yang tidak dapat dinegosiasikan sejak awal hubungan untuk mengurangi risiko miskomunikasi dan kesalahpahaman.

3. Jangan menyerah pada individualitas

Tidak peduli seberapa dalam kita terikat pada pasangan, kita harus mempertahankan individualitas dan hidup kita semaksimal mungkin. Kita harus menjaga hubungan kita yang lain, ikatan kekeluargaan dan persahabatan kita.

4. Jadilah orang yang Anda cari

Kita semua mendambakan bersama pasangan yang sehat untuk kita. Kita juga harus berinvestasi untuk menjadi orang yang sehat bagi orang lain. Kita harus memperhatikan pola perilaku yang dapat menjadi racun dalam hubungan dan harus melakukan upaya sadar untuk mengubahnya.

5. Waspadai penilaian dan intoleransi

Kita harus menyadari betapa kita bisa menjadi tidak toleran dan menghakimi terhadap hal-hal tertentu – kita harus segera mengatasinya agar tidak membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Pilihan Editor: Pentingnya Peran Sahabat untuk Seleksi Calon Pasangan dari Aplikasi kencan

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."