Ilustrasi wanita memegang lutut. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

kesehatan

6 Tanda Lutut Lemah yang Perlu Kamu Ketahui

Kamis, 26 Januari 2023 09:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanda lutut yang sehat dapat dilipat dan diluruskan dengan mudah berkat kartilago artikular, jaringan lunak dan licin. Zat ini melindungi, menutupi, dan melapisi tepi tulang kaki yang membentuk lutut. Dua potongan kartilago meniskus berbentuk huruf C di antara tulang-tulang Anda berfungsi sebagai "pegas koil" untuk melindungi sendi lutut Anda. Lantas, seperti apa tanda lutut lemah dan penyebabnya?

Lutut lemah atau nyeri lutut sering kali disebabkan oleh keseleo ligamen, ketegangan otot, atau kerusakan kartilago osteoarthritis.

Menurut Varun Koul, VP - Direktorat Medis, Glamyo Health, jika tulang rawan habis seluruhnya, tulang akan bergesekan dengan tulang. Untuk mengompensasi hilangnya tulang rawan, tulang yang penyok mungkin mulai melebar ke luar, membentuk taji yang menyakitkan. Sensasi nyeri dapat berkisar dari rasa tidak nyaman yang berdenyut hingga nyeri tajam di bagian depan lutut.

Aktivitas seperti berlari, melompat-lompat, berjalan menuruni bukit, dan duduk dalam waktu lama dengan lutut ditekuk dapat memperburuk kondisi lutut yang lemah. Bergantung pada tingkat keparahan gejala Anda, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menjalani operasi elektif seperti artroskopi, osteotomi, atau penggantian sendi.

Ketahui enam tanda lutut lemah yang membutuhkan perhatian medis segera.

1. Sakit Parah

Nyeri sendi bisa intens dan berlangsung selama beberapa hari atau kronis, berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Bergantung pada kondisi akarnya, nyeri dapat dirasakan hanya pada satu sendi (seperti pada kasus trauma atau osteoartritis) atau pada beberapa sendi (misalnya pada poliartritis reumatoid).

Nyeri biasanya terbatas pada persendian atau persendian yang terkena, tetapi juga dapat mengalami cedera pinggul.

2. Kaku

Lutut membengkak saat cairan berlebihan menumpuk di dalamnya akibat cedera, kelebihan beban, atau riwayat kronis. Ini dapat menyebabkan nyeri serta kejang otot.

Dalam beberapa kasus, pembengkakan bisa tidak kentara, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya kecuali Anda mengalami cedera traumatis. Karena peradangan mungkin tidak terlihat, Anda mungkin mengalami kekakuan lutut.

3. Suara Retak

“Mendengar suara retak atau berderak saat pertama kali bangun setelah bersantai sejenak merupakan tanda lutut lemah," ujar Dr. Koul.

"Lutut Anda terasa tidak stabil seolah-olah dapat berubah bentuk atau mudah patah. Selain itu, jika lutut Anda membeku atau lebih sering terjepit, inilah saatnya untuk menemui dokter bedah Anda untuk pemeriksaan medis,” tambahnya.

4. Otot Lemah

Jika Anda tidak melakukan latihan fisik yang sesuai secara teratur, otot Anda akan mulai memburuk tanpa gejala apa pun. Otot paling penting yang bertanggung jawab untuk umur panjang lutut adalah paha depan, paha belakang, dan gastrocnemius. Ketika otot-otot ini terganggu, hal tersebut dapat menyebabkan kondisi seperti sendi lutut lebih lemah, sehingga bisa menyebabkan kegagalan dan tekuk lutut.

5. Tidak Bisa Meluruskan Lutut

Lutut lemah dapat menyusahkan karena tidak mampu meluruskan lutut sebagaimana mestinya. Beberapa variabel berkontribusi pada status ini, tetapi osteoarthritis adalah yang paling umum. Orang yang meletakkan beban tekan pada lutut mereka di masa remajanya, seperti pelari maraton dan olahragawan aktif lainnya, lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi ini dalam waktu dekat.

6. Ligamen Robek

Ligamen rapuh mempengaruhi mekanisme daya tahan lutut. Tentu saja, lutut lemah dapat mengindikasikan cedera LCL baru, tetapi Anda dapat memastikannya dengan menemui praktisi kesehatan.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga untuk Memperkuat Otot Lutut

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika