Ketahui Manfaat Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki, Kata Ahli Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penggunaan gua sha untuk merawat kulit semakin populer belakangan ini. Gua sha adalah alat yang terbuat dari batu giok halus dan sudah dipakai dalam praktik pengobatan tradisional Tiongkok kuno sejak berabad-abad silam. Dengan metode pijat wajah, gua sha dapat membantu meningkatkan aliran darah, melonggarkan otot rahang yang tegang, dan membentuk kontur wajah dari waktu ke waktu. Ternyata tidak hanya untuk wajah, gua sha juga bisa mengatasi nyeri kaki.

Menurut Jeffrey Ulery, ahli tulang dan salah satu pendiri Whole Body Health di Austin, Texas, Amerika Serikat, menggunakan gua sha untuk memijat kaki bisa mengatasi ketegangan otot berkat kemampuannya untuk memecah fasia, jaringan ikat tipis yang menahan otot-otot kita di tempatnya. Ia telah menerapkan metode pijat gua sha kepada para pasiennya selama lebih dari 10 tahun, bersama dengan terapi bekam.

"Setiap tulang, sendi, otot, organ, arteri, vena, semua yang ada di dalam tubuh dikelilingi oleh fasia," jelas dokter Ulery, seperti dilansir laman Well+Good, pada Rabu, 8 Maret 2023.

"Seiring bertambahnya usia, bertumbuh, jatuh, sakit, dan kita berpikir banyak hal terjadi pada tubuh kita. Trauma mikro, dan bahkan trauma yang lebih besar, seperti patah tulang, menciptakan perlekatan pada fasia," tambahnya.

Pijat gua sha dapat memecah adhesi yang tebal ini dan menggali simpul-simpul otot yang ketat, sekaligus meningkatkan sirkulasi tubuh serta meningkatkan kesehatan sendi. Hal ini membantu fasia kembali ke kondisi sehat dan terlumasi, sehingga memungkinkan otot-otot bergerak satu sama lain dengan lebih mudah, jelas Ulery.

"Ketika terjadi perlekatan pada fasia, alih-alih dilumasi dan saling meluncur, fasia akan menjadi seperti Velcro," kata Ulery. "Hal ini akan mengurangi rentang gerak, akan berkontribusi pada pola nyeri, dan akan berkontribusi pada gerakan dan persendian yang tidak berfungsi."

Memecah fasia yang kencang di kaki dapat membantu menopang otot-otot yang tegang yang disebabkan oleh gaya berjalan yang buruk, postur tubuh, dan cedera, dan membantu meringankan sumber ketidaknyamanan kaki yang paling umum, kata Ulery.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."