Tips Membeli Sepatu yang Tepat, Perhatikan Waktu, Bentuk Kaki, dan Kegunaannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mencoba sepatu baru. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu berniat beli sepatu? Jika iya, jangan lewatkan tips dari dokter spesialis bedah ortopedi dr. Langga Sintong, Sp.OT dari RS Siloam Kebon Jeruk berikut. Salah satu yang disebut dokter Langga adalah memperhatikan waktu membeli. Disarankan sore hari.

"Waktu kita mau membeli sepatu, sebaiknya dilakukan di sore hari. Karena kalau pagi hingga siang hari itu kakinya beraktivitas jadi membesar makanya rasanya sempit. Jadi sebaiknya beli sepatu milihnya di sore hari," kata Langga saat dijumpai di Jakarta Pusat, Kamis, 24 November 2022.

Dokter Langga juga mengingatkan agar masyarakat memahami bentuk dan karakteristik kakinya sebelum membeli sepatu. Sebab, sepatu yang tidak pas dengan bentuk kaki akan mengakibatkan kaki menjadi tidak nyaman saat berjalan.

"Yang paling pertama adalah kita harus mengetahui bentuk dan karakteristik kaki kita. Karena kaki kita masing-masing berbeda. Ada yang kakinya flat, ada high arch, jadi kita harus mengetahui bentuk kaki kita," ujar Langga.

Kemudian, tentukan kegunaan sepatu saat hendak membelinya. Sepatu yang tidak tepat penggunaannya pun juga akan mempengaruhi kenyamanan. Jika digunakan untuk berolahraga, Langga menyarankan untuk menggunakan sepatu yang spesifik.

"Kedua sepatunya untuk apa, apakah untuk olahraga? Olahraga juga macam-macam. Ada tenis, ada basket, badminton, bola. Jadi berbeda kegunaannya," kata Langga.

Saat membeli sepatu, Langga juga mengatakan bahwa sebaiknya masyarakat membawa sepatu lama dan kaus kaki. Saat mencoba, gunakanlah kedua sepatu dan pakailah berjalan sebentar. Dengan demikian, mereka pun dapat merasakan sendiri apakah sepatu baru tersebut cukup nyaman digunakan.

Terakhir, Langga juga mengingatkan agar masyarakat tak hanya terpaku pada model ketika membeli sepatu. Kenyamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan saat membeli sepatu. Sebab, sepatu yang tidak pas akan menyebabkan masalah pada kaki.

"Terakhir, jangan kepancing yang namanya model (sepatu). Nggak bisa dipungkiri ya kita selalu terpancing sama yang eye cathing. Tapi pilihlah yang nyaman. Karena nyaman sudah pasti pas, tapi pas belum tentu nyaman," tutupnya.

Jangan lupa tips-tips di atas saat membeli sepatu, Sahabat Cantika.

Baca juga: Cegah Kaki Lecet Akibat Sepatu Baru dengan Plester dan 4 Hal Lain

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."