Sedang Diet Keto? Ini 8 Buah yang Aman Dikonsumsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi diet ketogenik. shutterstock.com

Ilustrasi diet ketogenik. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu diet yang cukup banyak digemari untuk menurunkan berat badan adalah diet keto. Diet ini menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak seperti protein hewani. Asupan lemak inilah yang akan menggantikan peran karbohidrat sebagai sumber energi.

Baca juga:
Berat Badan Turun dan 7 Manfaat Lain Diet Keto

3 Seleb Indonesia yang Sehat Ramping dengan Diet Keto 

Tak heran jika beberapa pelaku diet keto cukup ketat memilih asupan nutrisinya, termasuk buah. Sebab, beberapa buah memiliki kandungan karbodhirat yang cukup tinggi. Misalnya, satu cangkir bluberry mengandung sekitar 18 gram karbohidrat bersih, itu total karbohidrat dikurangi serat, yang menyumbang cukup banyak karbohidrat sepanjang hari untuk pelaku diet keto. 

Kristen Mancinelli, R.D. The Ketogenic Diet: The Scientifically Proven Approach to Fast, Healthy Weight Loss, mengatakan pada dasarnya Anda tidak bisa makan buah cukup banyak saat keto. Terlebih buah-buahan berkarbohidrat tinggi biasanya yang paling lezat dan paling manis) seperti buah persik dan melon. Namun bukan berarti kamu harus menjauhi buah saat diet keto. Mengutip laman Women's Health, berikut beberapa buah yang dapat dikonsumsi pelaku diet keto. 

#1. Alpukat
Menurut National Nutrient Database USDA buah ini tidak hanya mengandung 15 gram lemak sehat, tapi juga memiliki kurang dari dua gram karbohidrat bersih. Kendati begitu, jika memutuskan untuk mengkonsumsinya, kamu harus tetap memperhatikan berapa banyak yang bisa dimakan. 

#2. Zaitun
Untuk hitungan Karbohidrat, buah ini memiliki sekitar 1,5 gram karbohidrat bersih dan tiga gram lemak untuk 10 buah zaitun. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang asin sehingga mendapatkan cukup sodium penting saat mengikuti diet keto.

#3. Kelapa
Satu setengah cangkir atau isi kelapa parut menghasilkan 13 gram lemak, dan 2,5 gram karbohidrat bersih. Namun, saat ingin mengkonsumsinya pastikan kamu tidak menambahkan pemanis apapun, atau lebih baik membeli kelapa utuh dan mengambil isinya sendiri

#4. Blackberry
Blackberry memiliki jumlah serat yang yang sangat bagus yaitu, sekitar dua gram dalam seperempat cangkir. Ukuran porsi itu juga memiliki 1,5 gram karbohidrat bersih. Cukup aman jika ingin menambahkannya ke youghurt untuk sarapan pagi.

sxc.hu

Artikel lain: Rambu Diet Keto, Makanan Tinggi Lemak Asalkan

#5. Raspberry
Makan seperempat cangkir raspberry maka akan mendapatkan sekitar 1,5 gram karbohidrat bersih. Anda bisa mencampurnya ke dalam salad atau krim kocok dan aduk beberapa buah beri di atasnya. Ini sangat cocok sebagai pencucui mulut selama program diet keto.

#6. Stroberi
Seperempat cangkir potongan stroberi mengandung sedikit lebih dari dua gram karbohidrat bersih atau sekitar 10 persen dari batas harian, jika Anda mengincar 20 gram karbohidrat bersih per hari.

#7. Tomat
Ada dua gram karbohidrat bersih per setengah cangkir. Teruatam tomat ceri adalah tambahan yang bagus untuk diet keto Anda.

#8. Lemon
Tambahkan beberapa potongan buah lemon kedalam minuman Anda. Dan rasakan kenikmatan yang luar biasa tanpa khawatir diet keto Anda gagal. Sebab, irisan dari sebuah lemon memiliki kurang dari setengah gram karbohidrat bersih.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."