7 Buah Berkalsium Tinggi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi wanita hamil dan jus jeruk. Shutterstock

Ilustrasi wanita hamil dan jus jeruk. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pentingnya kalsium tampaknya banyak orang sudah tahu. Seperti memperkuat tulang, serta memperbaiki fungsi saraf dan otot. Kebanyakan masih berpikir susu dan produk olahannya yang menjadi sumber utama. 

Padahal, umumnya buah pun mengandung kalsium. Hanya kadarnya berbeda-beda, tinggal pilih saja yang berkadar tinggi seperti berikut ini. Ingat pula asupan kalsium dewasa per hari sekitar  1.000 miligram. 

Smoothie kurma. shutterstock.com

1. Kurma
Buah kering yang menjadi santapan spesial saat Ramadan ini mengandung kalium tergolong tinggi. Hanya dengan 5 buah kurma saja, Anda sudah mendapat asupan sekitar 77 mg kalsium.

2. Aprikot kering
Takaran 1 mangkuk aprikot kering terdiri dari 71,5 mg kalsium. Pada dasarnya, buah-buahan yang dikeringkan memiliki kadar kalsium lebih tinggi. Tak hanya aprikot, tapi juga kurma, raisin, dan sejenisnya.

3. Blackcurrant
Dalam setiap 100 gram buah ini terkandung kalsium sebanyak 55 miligram. Selain itu blackcurrant juga mengandung anthocyanin yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, peradangan, dan gangguan pada saraf. Kadar vitamin C juga tinggi. Selain juga memiliki sederet vitamin lainnya.

Baca: Makan Buah Tiga Kali Sehari, Cegah Beragam Penyakit dan Kegemukan

4. Jeruk
Ukuran jeruk medium umumnya memiliki 48,4 mg kalsium. Atau dalam setiap 100 gram jeruk terdapat 40 mg kalsium.  Jeruk sudah dikenal akan kandungan vitamin C, serta kaya akan serat dan pectin.

5. Blackberry
Dalam 1 mangkuk blackberry segar terkandung  41,8 mg kalsium. Atau setiap 100 gram memiliki  29 mg kalsium. Selain itu juga kaya akan vitamin C dan vitamin lainnya, serta mengandung sederet antioksidan.

Baca: Kahiyang Ayu Hamil, Perhatikan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

6. Kiwi
Buah yang satu ini termasuk dalam buah dengan kalori medium karena setiap 100 gram mengandung 60 kalori. Namun memiliki banyak vitamin termasuk kalsium yang mencapai 34 mg dalam setiap 100 gramnya.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E dan K, serta antioksidan. Kemudian juga asam lemak omega 3.

Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

7. Jeruk nipis
Buah berasa asam ini merupakan sumber vitamin C yang tinggi, tapi kaya juga akan serat dan mineral seperti kalsium, zat besi, potasium, magnesium, dan fosfor. Dalam 100 gram jeruk nipis terkandung sekitar 33 mg kalsium.

popsugar | myfooddata | nutriandyou | organicfact

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."