Diet dengan Makan Buah, Disantap Saat Bangun atau Mau Tidur?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

IKLAN

Jika sebelumnya kita mengetahui waktu yang tepat untuk makan buah, kini saatnya mengidentifikasi waktu dilarang makan buah. Berikut ini ulasannya:

1. Makan buah segera sebelum dan setelah makan
Hentikan kebiasaan makan buah dalam rentang waktu yang berdekatan dengan makan besar. Bergegas makan buah setelah makan tidak akan membantu tubuh mencerna nutrisi dalam buah dengan baik. Sama halnya dengan makan buah dulu lalu segera dilanjutkan dengan makan besar. Beri jeda 30 menit antara makan buah dengan makan besar. Khusus penderita diabetes, beri jarak sekitar 1 sampai 2 jam.

2. Makan buah sebelum tidur
Makan buah sebelum tidur adalah yang terburuk. Musababnya, langkah ini akan memicu kenaikan kadar gula darah dan mengakibatkan peningkatan kadar insulin, sehingga akan mengganggu tidur di malam hari.

3. Mencampur buah dengan makanan lain
Modifikasi makanan, terutama buah sejatinya tidak perlu dilakukan. Mencampurkan buah dengan makanan lain mengakibatkan serat pada buah tak bekerja maksimal. Dikhawatirkan cara makan buah seperti ini berpotensi memicu gangguan pencernaan.

Selanjutnya: Tips sehat makan buah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."