Lily Gladstone/Foto: Instagram/Nick Barose

finance_career

Mengenal Lily Gladstone, Aktris Terbaik Golden Globes 2024 dalam Killers of the Flower Moon

Selasa, 9 Januari 2024 05:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Lily Gladstone, pemeran perempuan di Killers of the Flower Moon membuat sejarah dengan menyampaikan pidato Golden Globes 2024 dalam Bahasa Blackfeet. “Ini adalah kemenangan bersejarah dan ini bukan hanya milik saya,” kata Gladstone setelah memenangkan aktris terbaik film drama di Golden Globes 2024.

Gladstone memulai pidato Golden Globes 2024 dengan berbicara dalam bahasa Blackfeet, yaitu bahasa Algonquian yang digunakan oleh orang Blackfoot atau Niitsitapi. Dia kemudian kembali berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dengan gembira menangisi pencapaiannya sambil bercerita tentang komunitasnya.

"Saya mencintai semua orang di ruangan ini. Saya tidak bisa berkata-kata," katanya. “Saya baru saja berbicara sedikit tentang bahasa Blackfeet, komunitas bangsa yang indah yang membesarkan saya, yang mendorong saya untuk terus maju, terus melakukan ini di sini bersama ibu saya, yang, meskipun dia bukan Blackfeet, bekerja tanpa lelah untuk memasukkan bahasa kami ke dalam kelas."

Perempuan 37 tahun ini mengatakan sangat bersyukur dengan kemenangan yang menjadi sebuah sejarah. "Ini bukan hanya milik saya. Saya memegangnya sekarang. Saya memegangnya bersama semua saudara perempuan saya yang cantik dan ibuku, Tantoo Cardinal."

Berikut fakta menarik Lily Gladstone

<!--more-->

1. Dibesarkan di Blackfeet Nation

Lahir pada tahun 1986, Lily Gladstone adalah keturunan Sikkaiitsitapi dan NiMíiPuu. (Ayahnya adalah NiMíiPuu, atau Nez Perce, dan Siksikaitsitapi, juga disebut Blackfeet, dan ibunya berkulit putih.) Mereka dibesarkan di reservasi Blackfeet Nation di Browning, Montana, dan tinggal di sana sampai dia berusia 11 tahun. Keluarganya, katanya, "tergerak karena kurangnya peluang ekonomi."

"Reputasi Browning bergantung pada siapa yang Anda ajak bicara," kata Gladstone dalam sebuah wawancara tahun 2014. "Ada beberapa hal buruk yang terjadi namun tidak seharusnya terjadi. Namun Anda harus melihat lebih dalam mengapa hal-hal tersebut terjadi. Di fondasi kehidupan saya, ada komunitas dan keluarga. Ada kemiskinan, kekerasan, penyalahgunaan obat-obatan terlarang." , dan pengangguran di mana-mana. Tapi ada begitu banyak cinta dalam komunitas itu. Yang menyatukan orang-orang di sana adalah cinta pada keluarga, cinta pada tanah air."

2. Mereka kuliah di Universitas Montana

Gladstone lulus pada 2008 dari perguruan tinggi kehormatan UM dengan gelar Bachelor of Fine Arts di Teater dengan fokus Akting, dan minor dalam Studi Penduduk Asli Amerika.

“Ada banyak anak berbakat di UM, tapi dia selalu menonjol,” kata Greg Johnson, yang mengajar dan menyutradarai Gladstone dalam produksi Montana Repertory Theater, pada tahun 2016. “Dia benar-benar aktris yang transenden. Kami beruntung memilikinya ."

Dari 2009 hingga 2013, ia bekerja dengan Living Voices, sebuah perusahaan teater pendidikan yang menampilkan pertunjukan tentang sejarah yang terpinggirkan.

3. Memulai debut filmnya pada tahun 2013

Peran pertamanya adalah di Jimmy, Psikoterapi Orang India pada 2013. Dia kemudian menjadi lawan main Kristen Stewart dalam film Certain Women tahun 2016, membuatnya mendapatkan nominasi untuk Penghargaan Semangat Independen untuk Wanita Pendukung Terbaik. Dia juga muncul di televisi, di Room 104, Billions, and Reservation Dogs.

“Saya dibentuk oleh komunitas saya – dan saya didukung dalam ambisi saya untuk menjadi seorang aktor dan pendongeng,” kata Gladstone.

4. Peran terobosannya dalam Killers of the Flower Moon, disutradarai oleh Martin Scorese

Gladstone memerankan Mollie Kyle, bseorang wanita Osage sejati. "Saya menganggapnya sebagai anugerah sejati dan tanggung jawab besar untuk dipercaya bersama Mollie Burkhart. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Osage Nation, merupakan anugerah yang luar biasa untuk dapat menceritakan kisah ini," tulisnya.

Gladstone menulis, "Begitu banyak cinta dan terima kasih kepada Osage Nation, kepada semua keturunan sejarah yang belum lama ini, kepada komunitas GrayHorse yang telah membesarkan begitu banyak orang bijak, cantik, anggun, lucu, dan wanita yang luar biasa kuat."

Film yang berdasarkan pada buku David Grann berjudul sama ini ditayangkan perdana di Cannes dan mendapat sambutan hangat—khususnya untuk penampilan Gladstone. "Saya dapat melihat bahwa dia percaya pada kesederhanaan," kata Scorsese tentang Gladstone. "Dia memahami kehadirannya di layar sebagai instrumen ekspresif yang dapat berbicara sendiri. Itu sangat jarang terjadi. Keheningannya, seperti Mollie, seringkali lebih kuat daripada kata-katanya."

"Lily memiliki kehadiran dan kekuatan yang luar biasa," kata Leonardo DiCaprio tentang lawan mainnya. “Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan mempelajari Mollie Burkhart dan keluarganya, bekerja secara ekstensif untuk memahami seluk-beluk wanita ini, hubungannya dengan Ernest dan warisannya dalam komunitas Osage. Sebagai aktor Pribumi, dalam banyak hal, dia menjadi sumber bimbingan bagi kita semua, termasuk Scorsese, dalam hal cara kita menceritakan kisahnya."

5. Ikut Program Teater

Di masa lalu, Gladstone bekerja dengan program teater remaja penduduk asli Amerika, Red Eagle Soaring, yang berbasis di Seattle. “Saya pikir role model adalah bagian dari menjadi anak muda pribumi,” kata dia. “Pemuda mengenali seseorang yang memiliki visi dan hati yang baik, dan saya ingin mengajarkan kepada pemuda bahwa mereka adalah teladan bagi generasi di bawahnya.”

“Saya tidak akan pernah benar-benar meninggalkan Montana,” kata Gladstone pada 2016. “Saya suka berada di tempat di mana saya dapat bekerja dengan komunitas Pribumi. Dan Missoula adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat tinggal ketika Anda seorang seniman yang bekerja dan bepergian.

6. Sering memakai desainer lokal

Penampilannya di festival film Cannes, ia memakai perhiasan dari desainer lokal. Di karpet merah, misalnya, Gladstone mengenakan anting karya Luiseño dan desainer Shoshone-Bannock Jamie Okuma

Lily Gladstone (Killers of the Flower Moon), Carey Mulligan (Maestro), Sandra Hüller (Anatomy of a Fall), Annette Bening (Nyad), Greta Lee (Past Lives) dan Cailee Spaeny (Priscilla) semuanya mencalonkan diri untuk nominasi tersebut. hadiah — dan Gladstone yang meraih penghargaan tersebut.

Pilihan Editor: Billie Eilish Pakai Sepatu Bekas Menghadiri Golden Globes 2024

PEOPLE | TOWNANDCOUNTRY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika