Lily Gladstone Catat Sejarah dengan Meraih Predikat Aktor Wanita Terbaik di SAG Awards 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Lily Gladstone berpose dengan penghargaan Aktor Wanita dalam Peran Utama pada film Killers of the Flower Moon di Screen Actors Guild Awards ke-30, di Los Angeles, California, AS, 24 Februari 2024. REUTERS/Mike Blake

Lily Gladstone berpose dengan penghargaan Aktor Wanita dalam Peran Utama pada film Killers of the Flower Moon di Screen Actors Guild Awards ke-30, di Los Angeles, California, AS, 24 Februari 2024. REUTERS/Mike Blake

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Aktris, Lily Gladstone dinobatkan sebagai pemenang kategori aktor wanita utama terbaik di SAG Awards 2024 pada Sabtu, 24 Februari di Los Angeles. Lily adalah pemain pribumi pertama yang mendapatkan SAG Awards dalam film The Killers of the Flower Moon.

"Teman-temanku, sesama aktor, saya merasakan kebaikan atas apa yang telah Anda lakukan - apa yang Anda lakukan," Gladstone memulai pidatonya dalam porsi bahasa Inggris, setelah berbicara singkat dalam bahasa aslinya, Blackfoot. “Ini merupakan tahun yang sulit bagi kita semua. Mereka yang berada di ruangan ini, mereka yang tidak berada di ruangan ini, saya sangat bangga bahwa kita berada di sini dalam solidaritas dengan semua serikat pekerja kita yang lain," ungkap perempuan 37 tahun ini. 

Itu adalah sebuah kemenangan. Bisa berada di sini, berada di lokasi syuting. Bisa bercerita,' lanjutnya, sebagian. "Sangat mudah untuk menjauhkan diri. Sangat mudah untuk menutup diri, berhenti merasakan, dan kita semua dengan berani menjaga perasaan, dan hal itu memanusiakan orang. Hal ini membawa orang keluar dari bayang-bayang; hal ini memberikan visibilitas."

“Teruslah bercerita kepada semua orang di ruangan ini, kepada semua orang yang menonton di luar negeri. Kalian yang bukan aktor tapi punya suara, punya cerita yang perlu didengarkan,” tambahnya. “Terima kasih untuk semua jiwa belas kasih di ruangan ini dan semua pendongeng di sini malam ini. Teruslah menyampaikan kebenaran Anda, dan teruslah berbicara untuk satu sama lain.”

Lily Gladstone jadi Penduduk Asli Amerika yang Mencatat Sejarah

Kemenangan SAG Awards merupakan prestsi kedua bagi Gladstone. Awal tahun ini, dia adalah wanita penduduk asli Amerika pertama yang memenangkan Golden Globe, sekali lagi menyampaikan pidato penerimaannya dalam bahasa aslinya, Blackfoot. Dia menjadi penduduk asli Amerika pertama yang dinominasikan untuk Aktris Terbaik di Oscar.

Gladstone menguraikan komentarnya di atas panggung di belakang panggung SAG Awards di mana dia juga berbicara tentang persahabatan di antara para pesaing Aktris Utama pada musim penghargaan ini, termasuk saat bertukar pesan dengan Emma Stone.

Lily Gladstone. Instagram

Gladstone muncul sebagai bintang baru dari Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese sebagai wanita Osage Mollie Kyle, istri Ernest Burkhart (diperankan oleh Leonardo DiCaprio). Film ini bercerita tentang pembunuhan Osage di tangan bos kejahatan William Hale (diperankan oleh Robert De Niro).

Tahun ini, aktris tersebut menjadi wanita penduduk asli Amerika pertama yang memenangkan Golden Globe, menyampaikan pidato penerimaannya dalam bahasa aslinya, Blackfoot. Dia juga mendapatkan nominasi di Critics Choice Awards dan menjadi penduduk asli Amerika pertama yang dinominasikan untuk Aktris Terbaik di Oscar. Gladstone aktris Pribumi keempat yang mendapatkan nominasi dalam kategori tersebut.

Mollie didasarkan pada seorang wanita kehidupan nyata yang merupakan anggota Osage Nation. Anggota keluarganya, termasuk ibu dan saudara perempuannya, dibunuh oleh laki-laki karena hak mereka atas cadangan minyak yang terletak di bawah reservasi mereka di Oklahoma. Film ini dapat di-streaming di Apple TV+.

The Killers of Flower Moon bersaing untuk total tiga kategori SAG Awards 2024, termasuk De Niro, 80, untuk aktor pendukung dan ansambel untuk penampilan luar biasa dari para pemain.

Pilihan editor:  Layak Masuk Museum, Kata Lily Gladstone Soal Busana yang akan Dipakai di Oscar 2024

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."