ilustrasi bad mood (pixabay.com)

kesehatan

5 Cara Mengatasi Mood Swing bagi Penderita PCOS

Sabtu, 4 Maret 2023 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita PCOS sering melaporkan tanda-tanda perubahan suasana hati atau mood swing, selain depresi dan kecemasan. Ciri-ciri mood swing bisa berupa emosi yang berfluktuasi dengan cepat yang dapat bermanifestasi sebagai mudah tersinggung, marah, sedih, dan cemas yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. Lantas, bagaimana cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS?

Sebelum sampai ke sana, kita ketahui dulu, faktanya banyak wanita yang mengalami tanda-tanda mood swing, terutama menjelang siklus menstruasi. Meskipun setiap orang mengalami perubahan suasana hati dari waktu ke waktu, namun mood swing pada penderita sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) terlihat sering dan intens, sehingga memengaruhi pekerjaan, hubungan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Mood swing yang parah dan berkepanjangan harus didiskusikan dengan dokter/ahli kesehatan mental. Namun, ada beberapa cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS menurut Madhu Hisaria, psikoterapis dan penasihat hubungan di Veera Health, Klinik PCOS Online.

1. Pola Makan

Apa yang Anda makan tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik Anda, tetapi juga suasana hati Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil yang dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

2. Rutin Olahraga

Olahraga teratur tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil yang sangat penting untuk meningkatkan mood Anda, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga juga membantu mengurangi stres dan melepaskan endorfin (hormon perasaan senang) yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Berolahraga pun dapat menjadi pengalih perhatian dari pikiran negatif dan meningkatkan interaksi sosial, area yang diketahui dapat meningkatkan suasana hati dan gejala depresi. Menemukan bentuk olahraga yang membuat Anda bahagia adalah kuncinya - baik itu berjalan, berlari, yoga, menari, atau olahraga tim.

Baca juga: Penderita PCOS, Simak Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

<!--more-->

3. Tidur Nyenyak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menghasilkan peningkatan resistensi insulin sebesar 50 persen hanya dalam beberapa hari. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa penderita PCOS akan mengalami peningkatan kadar glukosa darah sebesar 50 persen, meskipun mengikuti pola makan yang sehat, jika tidurnya tidak tepat.

Sayangnya, penelitian juga menunjukkan bahwa masalah tidur mungkin 50-100 persen lebih tinggi pada penderita PCOS dibandingkan dengan wanita tanpa kondisi tersebut.

Oleh karena itu, mempraktikkan pola tidur seperti tidur dan bangun pada waktu yang tetap, mematikan perangkat sebelum tidur, mempraktikkan teknik relaksasi dan menghindari penggunaan zat sebelum tidur termasuk cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS.

4. Latih Teknik Manajemen Stres

Stres terkadang terasa tak terhindarkan, tetapi demi kebaikan penting mengetahui cara mengelola tingkat stres. Berlatih meditasi, perhatian penuh, membuat jurnal, dan melakukan hobi atau aktivitas santai dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Mengetahui pemicu Anda dan mengelolanya sebelumnya akan membantu.

Latih diri Anda sendiri tentang segala hal yang berkaitan dengan PCOS untuk mengetahui cara mengelola kondisi dan meningkatkan kesejahteraan emosional Anda. Mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk membantu diri sendiri dapat memotivasi Anda dan membuat Anda merasa lebih berdaya.

5. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

CBT adalah jenis psikoterapi yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang tidak membantu atau negatif serta mempelajari teknik self-help yang praktis.

CBT digunakan untuk berbagai masalah kesehatan emosional mulai dari kecemasan hingga depresi. Pedoman berbasis bukti internasional untuk PCOS juga merekomendasikan CBT untuk membantu pasien dengan kondisi ini.

Seorang terapis atau konselor dapat membimbing dan bekerja sama dengan Anda untuk membantu Anda menerapkan strategi ini setelah penilaian menyeluruh atas masalah sekaligus gejala Anda.

Dengan PCOS, penting untuk mendapatkan pendekatan holistik saat merawat gejalanya. Dan kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Banyak gangguan mood PCOS terkait dengan ketidakseimbangan hormon yang mendasarinya sehingga mengobati PCOS secara holistik juga dapat membantu mengatasi gejala ini.

Pilihan Editor: Sederet Pengobatan bagi Penderita PCOS, Pil KB hingga Terapi Progestin

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika