7 Tips Memperbaiki Suasana Hati Tanpa Biaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sejumlah warga berjalan melintasi jembatan Infinity di Tebet Eco Park, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. Warga memanfaatkan taman kota seluas 7,3 hektar tersebut untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit pada bulan Ramadan. ANTARA /Bayu Pratama S

Sejumlah warga berjalan melintasi jembatan Infinity di Tebet Eco Park, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. Warga memanfaatkan taman kota seluas 7,3 hektar tersebut untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit pada bulan Ramadan. ANTARA /Bayu Pratama S

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merasa sedih setelah menerima kabar tidak menyenangkan? Atau mengalami hari yang buruk, atau merasa was-was menjelang hari Senin? Stres dan suasana hati yang buruk atau bad mood dapat menggagalkan aktivitas sehari-hari Anda dan membuat Anda menjadi pemarah, sengsara, dan sama sekali tidak tertarik pada hal-hal yang perlu atau ingin Anda urus.

Anda tahu bahwa Anda memerlukan sedikit semangat untuk menjalani hari dengan lancar, tetapi Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan agar merasa lebih baik? Hal ini normal terjadi. Namun suasana hati yang buruk jika dibiarkan sering kali meluap-luap, sehingga membuat Anda merasa lebih buruk.

Mengabaikan sumber bad mood Anda memang tidak akan menghilangkannya, namun tidak ada salahnya Anda menyisihkan sementara waktu untuk fokus pada sesuatu yang membuat Anda merasa baik.

Di bawah ini, Anda akan menemukan tujuh ide yang bisa dicoba saat Anda ingin meningkatkan suasana hati Anda, dikutip dari Heathline. Menariknya, kegiatan ini tidak butuh biaya.

1. Berjalan-jalan di taman

Jalan-jalan singkat ke taman terdekat, atau ruang hijau lainnya, bisa membantu menghilangkan suasana hati yang buruk. Faktanya, berjalan-jalan di alam meningkatkan produksi “hormon bahagia”, yaitu pembawa pesan kimiawi yang membantu mengatur suasana hati.

Jika Anda merasa sedikit murung saat cuaca buruk di sore hari atau malam yang panjang, jalan cepat selama 10 menit dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan memberi energi pada Anda, serta mengurangi rasa lelah dan lesu. Jalan kaki juga dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh Anda dan mendorong pelepasan endorfin, hormon yang dapat meredakan stres, rasa sakit, dan ketidaknyamanan.

Tentu saja sinar matahari juga mempunyai manfaat. Menghabiskan 10 atau 15 menit saja di bawah sinar matahari dapat memicu produksi serotonin, bersama dengan lebih banyak endorfin, yang menghasilkan bahan kimia peningkat suasana hati dalam dosis besar. Selain itu, cahaya alami dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan waspada, terutama jika Anda duduk di ruangan yang redup.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, atau melihat gambar atau video alam saat tidak memungkinkan, sering kali memiliki suasana hati yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Tertawalah

Ada alasan bagus mengapa begitu banyak guru dan pembicara publik lainnya cenderung melontarkan lelucon atau komentar jenaka. Tertawa dalam kelompok dapat membantu meredakan ketegangan dan membuat semua orang merasa lebih berenergi. Dan seringkali, sedikit lebih terikat.

Tertawa juga berpengaruh pada tingkat individu. Jika Anda merasa sedikit cemas atau stres tentang sesuatu, misalnya, presentasi besar di tempat kerja atau diskusi berat dengan orang yang Anda cintai, humor dapat membantu Anda menghilangkan ketegangan dan membuat pikiran Anda lebih ringan.

Memaksakan tawa yang dalam dan nyata mungkin merupakan suatu tantangan ketika Anda sedang tidak merasa lucu. Jika sumber humor Anda tidak memberikan banyak kegembiraan, cobalah menonton video lucu.

3. Cobalah aromaterapi

Indra penciuman Anda dapat berkomunikasi langsung dengan amigdala, bagian otak yang membantu mengatur emosi. Itu sebabnya aroma yang memicu kenangan positif atau nostalgia sering kali membantu meredakan ketegangan dan kecemasan. Hubungan antara otak dan indera penciuman juga dapat membantu menjelaskan mengapa hal-hal yang berbau harum dapat membuat Anda merasa nyaman.

Aromaterapi umumnya mengacu pada penggunaan minyak esensial untuk meningkatkan mood atau kesehatan mental, namun Anda tidak perlu membeli minyak esensial untuk mendapatkan manfaat tersebut. Anda mungkin sudah memiliki beberapa wewangian yang dapat meningkatkan suasana hati di sekitar rumah atau kantor Anda, misalnya sabun dan lotion. Luangkan waktu sejenak untuk mencuci tangan dengan penuh perhatian atau menggosok lengan dan bahu Anda dengan lotion.

4. Peluklah diri Anda sendiri

Sangat wajar untuk meminta dukungan fisik dan emosional kepada orang-orang dalam hidup Anda ketika menghadapi suasana hati yang buruk dan frustrasi lainnya. Anda bahkan mungkin sudah mengetahui bahwa pelukan dan kasih sayang fisik lainnya dapat memberi isyarat pada tubuh Anda untuk melepaskan oksitosin dan membantu Anda merasa lebih dekat dengan orang yang Anda cintai.

Pelukan yang suportif tampaknya merupakan hal yang Anda perlukan untuk mengubah suasana hati Anda, namun jika tidak ada seorang pun di sekitar Anda untuk melakukan hal tersebut, maka peluklah diri sendiri.

Meskipun memeluk diri sendiri mungkin terasa sedikit konyol, hal itu sebenarnya bisa membantu. Sentuhan, termasuk diri Anda sendiri, dapat meredakan perasaan stres, membantu Anda merasa aman dan rileks. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa welas asih dan kebaikan diri sendiri, yang keduanya dapat membuka jalan menuju suasana hati yang lebih positif.

Memeluk diri sendiri bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan memeluk tubuh sendiri dan menahannya selama beberapa saat, sama seperti saat Anda memeluk orang lain.

5. Putar lagu kesukaan

Bayangkan ini: Anda sedang membersihkan rumah, menyortir dokumen, atau melakukan tugas lain yang tidak terlalu Anda sukai. Stasiun radio atau layanan streaming musik pilihan Anda diputar di latar belakang.

Saat lagu berganti, telinga Anda akan terangkat saat mengenali nada pertama dari salah satu lagu favorit Anda. Melodi yang ceria dan ceria memberi Anda energi baru. Anda menghentakkan kaki mengikuti musik saat Anda mengembalikan perhatian pada tugas Anda dengan antusiasme baru, bernyanyi bersama pelan.

Singkatnya, jika Anda siap untuk mengubah suasana hati Anda, putar daftar lagu-lagu favorit menawarkan alat yang sangat baik untuk pekerjaan itu.

6. Membantu orang lain

Mungkin Anda merasa terjebak atau terjebak karena Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mengubah situasi Anda saat ini. Daripada terjebak dalam spiral kekhawatiran dan stres, cobalah memfokuskan energi Anda pada orang lain.

Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain dapat membuat hari mereka sedikit lebih baik dan membuat mereka tersenyum, yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan suasana hati Anda. Mengetahui bahwa Anda telah menjadikan hari orang lain lebih baik dapat membuat Anda memiliki kerangka berpikir yang lebih positif.

Beberapa contoh: tanyakan kepada rekan kerja apakah mereka memerlukan bantuan, kerjakan pekerjaan rumah untuk anak, teman sekamar, atau pasangan Anda. Atau berikan ulasan positif mendetail untuk salah satu toko atau restoran favorit Anda.

7. Berbicara dengan orang yang tersayang

Bahkan obrolan 5 menit dengan pasangan romantis, sahabat karib, atau saudara kesayangan Anda dapat membangkitkan semangat dan membantu Anda menghilangkan suasana hati yang suram, gugup atau khawatir, dan ketegangan emosional lainnya.

Jika tidak dapat melakukan panggilan telepon saat ini, Anda bisa berkomunikasi sebentar melalui teks atau obrolan telepon. Anda tahu mereka ada untuk Anda, terkadang Anda hanya memerlukan rantai emoji, GIF lucu, atau lelucon sebagai pengingat.

Itulah beberapa tips untuk memperbaiki suasana hati Anda, Sahabat Cantika. Jika suasana hati Anda perlu sedikit ditingkatkan dari waktu ke waktu, jangan khawatir, itu adalah hal yang normal. Sebagian besar suasana hati yang buruk cenderung hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama, dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya.

Sebaliknya, suasana hati yang buruk dan terus berlanjut setiap hari bisa menandakan sesuatu yang lebih serius. Ketika Anda melihat perubahan yang berkepanjangan dalam suasana hati dan kesejahteraan Anda, dan tips seperti di atas tampaknya tidak banyak berpengaruh, maka sebaiknya berbicara dengan terapis.

Pilihan Editor: Beby Tsabina bagi Tips Redakan Suasana Hati saat Menstruasi, Disadari Dulu

HEATHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."