Tips Tidur Siang Berkualitas, Pilih Tempat Nyaman dan Maksimal 30 Menit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi tidur siang. Pexels/Polina Zimmerman

Ilustrasi tidur siang. Pexels/Polina Zimmerman

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kadangkala kita merasa kurang tidur karena berbagai kondisi, oleh sebab itu tidur siang menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Sayangnya, tidak semua orang bisa cepat atau punya kebiasaan tidur siang. 

Memilih tempat yang sejuk dan gelap untuk tidur siang selama 20-30 menit  atau power nap dapat membantu kita merasa rileks dan berenergi. Kebiasaan itu juga membantu kita merasa diremajakan dan berenergi dalam waktu yang sangat singkat dan membantu sistem saraf untuk merasa tenang dan rileks. 

Tidur siang dikaitkan dengan sejumlah manfaat: peningkatan suasana hati, ingatan, pemikiran kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Meskipun tidur siang itu menyenangkan, durasinya penting untuk dipertimbangkan. 

"Tidur siang yang berlebihan atau lama, terutama di sore hari, dapat mengganggu aktivitas. tidur malam hari, jadi cobalah dan ikuti panduan ini untuk tidur siang yang sempurna," tulis Terapis Carolyn Rubenstein

Berikut tips tidur siang berkualitas menurut terapis: 

1. Waktu antara pukul 13.00 hingga 15.00 ideal untuk tidur siang sebentar karena selaras dengan ritme sirkadian alami tubuh.

2. Disarankan agar kita memilih tidur siang singkat selama 20-30 menit, dan jangan memperpanjangnya lebih lama.

3. Sebaiknya kita memilih lingkungan yang sejuk, gelap dan tenang untuk tidur siang karena dapat membantu tubuh dan pikiran merasa rileks.

4. Kita sebaiknya memilih permukaan yang nyaman dan mendukung untuk tidur siang. Kita juga bisa menggunakan bantal jika diperlukan.

5. Kita tidak boleh lupa menyetel alarm untuk menghindari tidur berlebihan. Ini akan membantu kita bangun tepat waktu dan kembali bekerja. 

Pilihan Editor: Mengenal Power Nap, Pentingnya Tidur Siang Selama 20 Menit

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."