Alasan Mengapa Hujan Bangkitkan Momen Emosional dan Perasaan Melankolis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi hujan (pixabay.com)

Ilustrasi hujan (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Sahabat Cantika merasa saat turun hujan perasaan dan suasana hati tiba-tiba menjadi cenderung lebih emosional dana melankolis? Dr Sreystha Beppari, konsultan psikolog, klinik Apollo Indua mengatakan perasaan sedih saat hujan sering disebut dengan “hujan kesedihan”. Bagi sebagian orang, musim hujan bisa mendatangkan rasa sedih atau penat akibat terus-menerus turun hujan.

Peneliti dari Brigham Young University (AS) menciptakan istilah "kesedihan musim hujan" untuk menggambarkan gangguan mood yang dialami sebagian orang saat musim hujan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis Journal of Affective Disorders, telah menjelaskan hubungan antara kondisi cuaca dan emosi.

Bagi sebagian orang, musim hujan bisa menghadirkan perasaan emosional dan melankolis. Ms Sreystha Beppari menambahkan, “hujan kesedihan” dapat mengindikasikan adanya gangguan afektif musiman (SAD).

Apa itu Gangguan Afektif Musiman?

Dr Soumiya Mudgal, konsultan senior dari Departemen Ilmu Perilaku dan Kesehatan Mental, Rumah Sakit Max (India), mengatakan bahwa beberapa orang sering kali lebih banyak mengubah suasana hati saat cuaca berubah, karena ritme sirkadian mereka. Soumiya Mudgal berkata, saat musim hujan dimulai, suasana hati akan menurun.

Psikolog Aishwarya Raj, seorang psikolog yang berbasis di Delhi, India, mengatakan "hujan kesedihan" dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda, namun gejala umum termasuk perasaan sedih. perasaan sedih, lelah, lesu, penurunan motivasi, mudah tersinggung, perubahan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, dan perasaan sedih secara umum.

Perubahan cuaca, berkurangnya sinar matahari, dan peningkatan kelembapan saat musim hujan berkontribusi terhadap gejala di atas.

Apa yang harus dilakukan untuk mengelola dan mencegah “kesedihan musim hujan”? Berikut beberapa cara mengelola emosi saat musim hujan yang dibagikan oleh pakar Raj:

1. Olahraga teratur dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi.

2. Menghabiskan waktu di luar ruangan saat cuaca cerah dapat membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan mood.

3. Tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan orang-orang terkasih.

4. Makan makanan padat nutrisi dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Utamakan jadwal tidur teratur dan pastikan tidur 7-8 jam per malam

Pilihan Editor: Diguyur Hujan, Ini 7 Tips Keringkan Rambut hingga Barang Basah

INDIAN EXPRESS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."