Ilustrasi wanita-wanita bekerja. Shutterstock

karir

8 Cara agar Tetap Bahagia di Tempat Kerja yang Penuh Tekanan

Selasa, 13 Desember 2022 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak semua orang beruntung berada di tempat kerja yang bahagia dan bebas stres. Beberapa harus berurusan dengan manajer yang beracun, rekan kerja yang cemburu, dan lingkungan kerja yang sangat menegangkan. Meskipun hal ini dapat sangat merusak kesehatan mental dan fisik, ada sejumlah cara agar tetap bahagia di tempat kerja yang penuh tekanan.

Berikut delapan cara agar tetap bahagia di tempat kerja yang penuh tekanan.

1. Pastikan Istirahat yang Cukup

Ketika kamu kurang tidur, kamu mudah moody dan situasi sulit di tempat kerja tampak lebih menantang. Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Tanpa pikiran yang segar, kamu mungkin tidak dapat bekerja dengan baik juga.

2. Berbincang dengan Rekan Kerja Sefrekuensi

Terkadang kamu hanya perlu melampiaskan ketika situasi stres membebani. Beberapa rekan kerja yang sefrekuensi bisa menyelamatkan di hal tersebut. Habiskan waktu dengan orang-orang yang dapat mengalihkan perhatian kamu dan membantu kamu menjernihkan pikiran. Kamu dapat mengandalkan mereka untuk membantu Anda rileks.

3. Rayakan Setiap Pencapaian

Sekalipun pencapaiannya kecil atau besar, rayakan setiap kemenangan di tempat kerja kamu. Jika lingkungan di sekitar kamu sama sekali tidak memotivasi, cobalah untuk mengangkat suasana hati kamu dengan memuji diri sendiri setiap kali kamu mencapai suatu tujuan atau melakukan pekerjaan yang luar biasa.

4. Berikan Waktu untuk Diri Sendiri

Beristirahatlah secara teratur dalam jam kerja Anda selama 10 hingga 15 menit sehingga kamu dapat merasa segar kembali dan dapat kembali bekerja tanpa merasa terlalu kewalahan. Minumlah secangkir kopi dengan kolega kamu, dan bicarakan hal-hal menarik yang terjadi dalam hidup.

5. Mendengarkan Musik

Biarkan musik menjadi teman terbaik kamu selama bekerja di tempat kerja yang penuh tekanan. Musik yang menenangkan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Kamu bahkan dapat mendengarkan musik fokus yang akan membantu kamu lebih berkonsentrasi. Ini akan membuat kamu produktif, bebas stres, dan lebih bahagia! Secara ilmiah, musik dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh, sehingga direkomendasikan oleh banyak terapis.

6. Latihlah Empati

Jika kamu berlatih berempati dengan rekan kerja Anda, itu akan mengurangi tingkat stres kamu. Jika kamu memahami kolega dan bersabar dengan pekerjaannya, kamu akan dapat mengelolatekanan pekerjaan kamu dan tidak merasa frustrasi karenanya. Dan menjadi orang yang membantu dan pengertian akan selalu membuat kamu merasa lebih baik.

7. Pandangi Foto Orang-orang Tercinta

Ada alasannya kamu disarankan menempel atau meletakkan foto-foto orang-orang terkasih di tempat kerja. Dengan memandangi foto mereka kala penat atau stres melanda, semangat dan energi positif bakal meningkat.

8. Membaca Kalimat Motivasi Buatan Sendiri

Banyak kalimat motivasi yang bisa kamu peroleh dengan mudah di buku atau mesin pencarian. Namun ada baiknya kamu membuat kalimat motivasi sendiri yang lebih mengena dan personal. Tujuannya agar kalimat tersebut dapat menjadi mood booster yang ampuh.

TIMES OF INDIA | PINK VILLA

Baca juga: 6 Tips agar Tidak Dimanfaatkan Rekan Kerja, Tetapkan Batasan dan Jangan jadi People Pleaser

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika