5 Cara agar Tetap Bahagia di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Karyawan yang  bahagia di tempat kerja cenderung lebih produktif dibandingkan karyawan yang kesulitan dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya. Dan, kebahagiaan itu ternyata tak melulu berdasarkan nilai gaji, lho. Lantas apa saja cara agar tetap bahagia di tempat kerja? Berikut lima di antaranya yang bisa kita coba.

1. Jadikan Area Kerja Lebih Kreatif

Cobalah membuat meja atau ruang kerja Anda kreatif. Jaga agar area kerja Anda tetap teratur karena dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Kondisi tempat kerja menentukan kinerja dalam bekerja. Meja kreatif yang dihias dengan karya seni dan hal-hal positif membuat Anda tetap termotivasi dalam bekerja.

2. Journaling

Menulis jurnal atau journaling dapat membantu Anda mengembangkan pendekatan yang lebih positif terhadap pekerjaan. Menulis tentang pencapaian tugas sehari-hari, dan pencapaian membangun kepercayaan diri dan memotivasi Anda untuk mencapai posisi yang lebih sukses dalam karier Anda.

3. Cobalah Multitasking atau Mengubah Pekerjaan 

Multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu memungkinkan Anda belajar dan langsung melakukan berbagai hal di tempat kerja. Ketika Anda mulai mengerjakan proyek yang berbeda pada satu waktu bisa mengembangkan keterampilan inti dan kompetensi yang meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda di tempat kerja.

Selain itu, multitasking tidak membuat Anda merasa bosan dalam bekerja. Sebaliknya, hal itu merusak suasana kerja yang biasa-biasa saja, dan Anda bisa belajar serta berkembang saat Anda mengerjakan berbagai proyek.

4. Tetapkan Tujuan

Memiliki tujuan selaras dengan konsep penciptaan pekerjaan. Ini menyiratkan memahami hasrat, kekuatan, dan mengatasi titik lemah Anda. Banyak orang hanya melakukan pekerjaan untuk mendapatkan uang. Namun, mereka tidak menjadikan pekerjaannya bermakna dalam arti mengetahui bagaimana kontribusi dia berdampak terhadap kesuksesan secara keseluruhan di tempat kerja. Ini tentang memiliki komitmen yang lebih dalam terhadap pekerjaan.

5. Bangun Koneksi Positif di Tempat Kerja

Membangun hubungan positif di tempat kerja bisa membantu Anda berkembang tidak hanya dalam karier, tetapi juga dalam kehidupan. Berkolaborasi dengan rekan kerja Anda menciptakan budaya kerja yang mendukung juga salah satu cara agar tetap bahagia di tempat kerja.

Pilihan Editor: 6 Cara Meningkatkan Kekuatan Emosional di Tempat Kerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."