5 Tips Kendalikan Emosi yang Menggebu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengendalikan emosi dibutuhkan agar ekspresi perasaan tidak berlebihan. Emosi sebagai kondisi perasaan yang kompleks. Dikutip dari Verywell Mind, ada enam emosi yang dimiliki manusia, bahagia; sedih; takut; marah; jijik; dan terkejut. Misalnya, tertawa berlebihan tak baik. Sebab, asupan cepat udara selama tertawa bisa berakibat sesak.

Begitu pula dengan emosi marah. Dikutip dari Healthline, memendam amarah bagai menyimpan racun dalam benak. Meluapkan kemarahan bisa berdampak positif sebagai terapi melepaskan beban pikiran. Di sisi lain, terlalu sering marah juga tak baik. Dampak negatif marah berlebihan dapat membuat depresi hingga menyebabkan sakit.

Ini 5 tips kendalikan emosi:

1. Penyebab Emosi Berlebihan

Emosi yang intens tidak semuanya buruk. Sebab, emosi membuat diri menjadi bersemangat. Perasaan yang kuat menandakan bisa menjalani kehidupan sepenuhnya dan tidak menahan reaksi alami. Tetapi, harus mengendalikan emosi apabila sudah berlebihan.

2. Bukan Memendam Emosi

Mengendalikan emosi bukan diabaikan atau dipendam. Saat menahan emosi menghalangi diri untuk mengalami dan mengekspresikan perasaan. Memendam emosi menyebabkan kecemasan, depresi, dan masalah tidur. Ekspresi emosi yang sehat berarti menemukan keseimbangan.

3. Memahami

Meluangkan waktu untuk memeriksa diri sendiri tentang suasana hati membantu mengendalikan emosi. Misalnya terlalu marah, tanya kepada diri yang menyebabkan timbulnya perasaan tersebut. Setelah mengetahui penyebab perasaan, coba untuk memaklumi. Menerima emosi bisa menghasilkan kepuasan.

4. Mengendalikan Pernapasan

Menghirup napas dalam-dalam bisa menjadi cara cepat untuk mengendalikan emosi. Cara ini terbukti menenangkan diri dan mengurangi ledakan emosi yang intens dan reaksi ekstrem apa pun. Meditasi juga membantu meningkatkan kesadaran terhadap semua perasaan.

5. Tahu Waktu yang Tepat

Segala sesuatu ada waktunya dan tempatnya, termasuk emosi yang intens. Misalnya, menangis tersedu-sedu adalah respons yang umum terjadi saat bersedih. Namun, situasi lain memerlukan pengendalian diri, misalnya berteriak di sembarang tempat bukan keputusan bijak. Memperhatikan lingkungan sekitar dan situasi dapat membantu diri mengendalikan emosi.

Pilihan Editor: 8 Tips Kontrol Emosi Marah, Coba Lakukan Olahraga

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

HENDRIK KHOIRUL MUHID | TIM TEMPO | HEALTHLINE | VERYWELL MIND

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."