Berpikir Kreatif, Keterampilan Kerja yang Banyak Dicari di Tahun 2024 Menurut Survei

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama beberapa tahun terakhir, tempat kerja dan organisasi telah mengalami perubahan besar. Mulai dari perusahaan dan karyawan yang beralih ke sistem bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19, lalu kini beralih ke budaya kerja hybrid pascapandemi, dan meningkatnya penggunaan kecerdasan buatan (AI) di tempat kerja. Perubahan juga terjadi pada keterampilan yang yang banyak dicari oleh perusahaan agar bisa bertahan menghadapi tantangan demi tantangan. Dan, berdasarkan survei pekerjaan masa depan yang dilakukan Forum Ekonomi Dunia, berpikir kreatif muncul sebagai keterampilan prioritas utama dan banyak dicari oleh perusahaan saat merekrut pekerja di tahun 2024.

Pentingnya Berpikir Kreatif di Tempat Kerja

Berpikir kreatif adalah keterampilan penting yang dibutuhkan di tempat kerja karena menunjukkan inovasi, pemecahan masalah, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Dalam lingkungan kerja yang dinamis dan kompetitif saat ini, organisasi dan karyawan sering kali menghadapi tantangan yang memerlukan solusi yang out of the box. Dan pemikiran kreatif memungkinkan seseorang untuk mendekati permasalahan zaman baru dari perspektif baru, menghasilkan solusi baru.

Selain itu, berpikir kreatif juga meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan dalam bekerja. Ini memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk otonomi, ekspresi diri, dan pertumbuhan pribadi. Perlu dicatat bahwa ketika karyawan merasa diberdayakan untuk menyumbangkan ide-ide mereka di tempat kerja, mereka menjadi lebih termotivasi dan berinvestasi dalam kesuksesan perusahaan.

Selain itu, hal ini menunjukkan bahwa AI tidak dapat menggantikan atau sepenuhnya meniru kecerdasan manusia. Ini adalah keterampilan yang unik bagi manusia dan dengan demikian mengasahnya dapat membantu mengamankan karier Anda.

Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Bagi pekerja, bersikap penasaran dan terbuka terhadap ide serta pemikiran baru salah satu . Ambil proyek baru atau tingkatkan keterampilan Anda agar tetap relevan di tempat kerja. Selain itu, mengembangkan kebiasaan membaca memiliki banyak manfaat. Membaca membuka pandangan Anda dan membantu Anda tumbuh sebagai pribadi. Dan kemampuan beradaptasi terhadap tantangan baru juga membantu Anda meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif.

Sementara itu, dari sisi perusahan, berikan peluang, lokakarya, dan pelatihan baru kepada karyawan Anda, untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang nantinya berdampak positif dalam karier. Dorong kolaborasi antara tim dan karyawan, hal ini dapat membantu menyatukan beragam perspektif dan keahlian. Selain itu, alih-alih melakukan pengelolaan mikro, lebih baik memberdayakan karyawan untuk lebih memiliki rasa kepemilikan atas pekerjaan mereka dan mencari solusi kreatif secara mandiri.

Pilihan Editor: 5 Keterampilan Ini Bikin Karier Kamu Semakin Cemerlang di Tempat Kerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."