5 Cara agar Dihormati di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendapatkan rasa hormat di tempat kerja bukan berarti  mengeraskan suara atau memanipulasi pemikiran orang lain saat berdiskusi. Kenyataannya, rasa hormat yang sejati berasal dari interaksi yang tulus, di mana setiap kata yang terucap mempunyai bobot dan tindakan mengungkapkan banyak hal. Rasa dihormati itu muncul dari perpaduan kuat antara komunikasi yang percaya diri dan bahasa tubuh tegas serta bermakna. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara agar dihormati di tempat kerja.

1. Bicaralah dengan Percaya Diri dan Jelas

Kekuatan suara Anda bukan terletak pada volumenya, namun pada kejelasan dan keyakinannya. Proyeksikan suara Anda, pastikan menjangkau setiap telinga tanpa ketegangan. Susun pemikiran Anda menjadi kalimat yang ringkas dan terstruktur dengan baik, sehingga pesan Anda dapat disampaikan dengan kejelasan yang berdampak.

Terakhir, tatap audiens Anda dengan kontak mata yang tak tergoyahkan, ini memastikan bahwa mereka tahu Anda terlibat dan hadir.

2. Dengarkan secara Aktif 

Rasa hormat tumbuh subur dalam koneksi yang tulus, dan mendengarkan secara aktif adalah kunci yang membuka pintunya. Berikan perhatian penuh kepada lawan bicara, bungkam gangguan yang mengganggu perhatian Anda.

Ingat detailnya saat Anda merespons. Ajukan pertanyaan yang relevan dengan topik yang dibicarakan. Hal ini membantu mempersonalisasi interaksi.

Ingat, rasa hormat adalah jalan dua arah, dan telinga yang sabar akan membuka jalan bagi rasa hormat timbal balik.

3. Tepati Janji

Keandalan dan kepercayaan adalah landasan rasa hormat. Saat Anda menepati janji, Anda menorehkan kata-kata Anda di atas landasan kepercayaan. Bersikaplah transparan mengenai potensi tantangan yang Anda perkirakan, dan pastikan semua orang mengetahui lanskap di masa depan.

Jika terjadi keadaan yang tidak terduga, komunikasikan secara terbuka dan sesuaikan komitmen Anda dengan kejujuran dan transparansi. 

4. Perlakukan Semua Orang dengan Hormat

Rasa hormat bukanlah hadiah yang diperuntukkan bagi segelintir orang yang memiliki hak istimewa, namun merupakan hak asasi manusia yang diberikan kepada semua orang. Tunjukkan rasa hormat  kepada semua orang yang Anda temui, tanpa memandang posisi dan statusnya.

Rangkullah keragaman pemikiran dan berpikiran terbuka terhadap perspektif yang berbeda, bahkan ketika perspektif tersebut bertentangan dengan perspektif Anda.

Hindari gosip dan kritik negatif, alih-alih tawarkan bantuan dan dukungan saat dibutuhkan. Ingat, rasa hormat adalah bumerang; semakin banyak Anda menabur, semakin banyak Anda menuai panennya.

5. Bertanggung Jawab atas Tindakan Anda

Mengakui kesalahan Anda dan belajar darinya adalah bentuk kesadaran diri dan integritas yang kuat. Tahan keinginan untuk menyalahkan orang lain atau membuat alasan. Bersikaplah proaktif dalam mengidentifikasi solusi dan mengambil inisiatif, menunjukkan komitmen Anda terhadap kemajuan.

Akui keberhasilan dan kegagalan Anda dengan rendah hati, karena rasa hormat yang sejati tidak terletak pada kesempurnaan, namun pada keberanian untuk mengakui kemanusiaan Anda.

Ingat, perjalanan untuk mendapatkan rasa hormat dimulai dari dalam, menumbuhkan rasa harga diri yang terpancar ke luar. Jadilah diri sendiri, karena keasliannya, adalah 'pakaian' paling memikat yang bisa dikenakan seseorang. Sekarang, majulah dan dapatkan rasa hormat yang pantas Anda dapatkan!

Pilihan Editor: 7 Cara Mengatasi Hari yang Buruk di Tempat Kerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."