Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

kesehatan

4 Aturan Mencuci Baju untuk Penderita Eksim, Agar Tidak Memicu Gatal dan Kemerahan

Selasa, 29 November 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu penderita eksim, kamu harus menghindari potensi iritasi seperti pewarna dan wewangian. Selain memperhatikan penggunaan produk perawatan kulit, Jeanine Downie, dokter kulit bersertifikat di Montclair, New Jersey, Amerika Serikat, menyarankan kamu memperhatikan cara mencuci baju. Mulai dari jenis deterjen yang digunakan hingga memastikan barang baru dicuci.

Berikut Empat Aturan Mencuci Baju untuk Penderita Eksim

1. Selalu Cuci Pakaian dan Sprei Baru sebelum Digunakan

Dr. Downie menyarankan untuk selalu mencuci baju baru, dan pastikan mengeringkannya. Itu berlaku untuk semuanya, mulai dari pakaian hingga seprai hingga selimut. "Kamu tidak tahu aditif dan bahan kimia apa yang ada di dalam kain," tuturnya.

2. Gunakan Deterjen tanpa Pewarna dan Pewangi

Saat mencuci pakaian, gunakan deterjen tanpa pewarna dan pewangi karena tidak akan meninggalkan bahan yang berpotensi mengiritasi pakaian kamu.

3. Jauhi Pelembut Kain

Produk pelembut kain meninggalkan lapisan yang penuh pewangi pada pakaian, merusak kain tertentu, dan membuat kulit kamu gatal," kata Dr. Downie.

4. Minta Protokol Kulit Sensitif di Dry Cleaner

Jika kamu mencuci pakaian dengan cara dry cleaner di binatu, beritahu petugas binatu agar mengeringkan pakaian dengan cara yang ramah terhadap eksim. Jika binatu tersebut, tanyakan sekitar, terutama yang juga penderita eksim, di mana kamu dapat menemukan binatu yang menyediakan opsi ini

WELL+GOOD

Baca juga: Tips Memilih Sabun untuk Eksim, Menurut Dokter

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika