7 Tips Mencuci Baju saat Musim Hujan, Cegah Pakaian Lembab dan Berbau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mencuci baju di rumah. Soklin

Mencuci baju di rumah. Soklin

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMencuci baju di musim hujan memang menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang. Setiap rumah tangga pasti pernah mengalami permasalahan pakaian menumpuk, pakaian lembab, pakaian berbau, dan lain-lain pada musim ini. Kita semua tahu bahwa pakaian butuh waktu lama untuk kering, namun kebutuhan pakaian sehari-hari melarang kita menunda tugas mencuci. 

Oleh karena itu, simak tips mencuci baju berikut ini yang akan membantu Anda mencuci, mengeringkan, dan menyimpan pakaian dengan sempurna, meskipun hujan deras di luar.

1. Prioritaskan Pakaian Penting untuk Laundry

Saat mencuci pakaian di musim hujan, Anda harus memprioritaskan antara yang sangat dibutuhkan dan yang bisa menunggu. Mencuci cucian dalam jumlah kecil berarti Anda memiliki lebih sedikit pakaian untuk dikeringkan dan lebih banyak ruang untuk mengeluarkan udara dan membiarkannya mengering dengan benar.

Seragam, pakaian kerja, pakaian bayi, dan lain-lain, umumnya diperlukan setiap hari dan harus dicuci berdasarkan prioritas. Namun, pakaian lain yang dimaksudkan untuk dipakai sesekali dapat disisihkan untuk dicuci nanti. Ingat, jika Anda menyisihkan pakaian untuk dicuci nanti, gantungkan pada tali jemuran agar tidak menimbulkan bau.

2. Fokus pada Proses Pemerasan Pakaian

Salah satu tip laundry terbaik untuk mencuci pakaian dengan sempurna di musim hujan ini adalah dengan menjalankan siklus putaran lebih dari sekali di dalam mesin. Proses pemerasan menghilangkan air dari pakaian. Menjalankan mode ini dua atau tiga kali dapat membantu menghilangkan sebagian besar air dan kelembapan berlebih dari pakaian. Ini membantu mengeringkan pakaian lebih cepat.

3. Beli Tempat Pengeringan

Musim hujan tidak memungkinkan Anda menjemur pakaian di luar, sehingga Anda harus memiliki ruang yang cukup untuk menjemur pakaian di dalam rumah. Berinvestasi pada tempat pengeringan yang besar memastikan semua pakaian dapat disebar dengan mudah. Menjepit pakaian secara rapat tidak akan membuatnya kering dengan baik. Namun jika disebar cenderung cepat kering.

4. Gunakan Gantungan untuk Mengeringkan Pakaian

Gantungan memungkinkan Anda menggantung pakaian satu per satu, memberikan ruang yang cukup pada setiap pakaian agar udara mengalir dan mengering lebih cepat.

5. Mengontrol Kelembapan di Dalam Rumah

Jika musim hujan berlangsung lama di wilayah tempat Anda tinggal, maka penting untuk mengontrol kelembapan di dalam rumah agar cucian Anda kering. Anda bisa mendapatkan dehumidifier, air purifier, dll, untuk mengontrol kelembapan di dalam rumah. Menempatkan semangkuk garam di dalam ruangan juga membantu menyerap kelembapan berlebih dari lingkungan. Mengontrol kelembapan rumah juga memastikan jamur, lumut, dan bakteri tidak tumbuh subur di lingkungan sekitar. Apalagi suasana kering membantu mengeringkan pakaian di dalam rumah dengan cepat.

6. Meningkatkan Ventilasi dalam Rumah

Selain menjaga tingkat kelembapan di dalam rumah, Anda juga harus memastikan ruangan tempat Anda menjemur pakaian memiliki ventilasi yang baik. Ruangan dengan udara yang tergenang cenderung membuat kelembapan tetap terperangkap di dalam pakaian. Butuh waktu lama untuk mengeringkan pakaian. Pastikan Anda membuka pintu dan jendela, nyalakan kipas angin dan juga exhaust fan. Ini akan memungkinkan aliran udara teratur di dalam rumah dan membantu keluarnya kelembapan, memastikan cucian kering dan segar.

7. Mencuci Pakaian di Siang Hari

Bahkan selama musim hujan, siang hari cenderung lebih hangat dibandingkan malam hari. Waktu ini harus Anda manfaatkan untuk mengeringkan pakaian, meski di dalam ruangan. Ingatlah selalu untuk memberi jarak antar pakaian agar bisa kering sempurna. Penggunaan bola kapur barus, cairan pencuci pewangi, dan kantong silikon di lemari juga membantu menjaga kesegarannya.

Pilihan Editor: 4 Aturan Mencuci Baju untuk Penderita Eksim, Agar Tidak Memicu Gatal dan Kemerahan

DHOBILITE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."