Cerita Mandy Moore Idap Eksim, Awalnya Mengira Alergi Makeup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mandy Moore. Instagram.com/@mandymooremm

Mandy Moore. Instagram.com/@mandymooremm

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain disibukkan mengurus dua anak,  penyanyi dan aktris Mandy Moore juga bertekad untuk meningkatkan kesadaran seputar eksim berangkat dari pengalamannya. Untuk melakukan hal ini, kini Moore bermitra dengan Incyte dalam kampanye “Moments of Clarity” dengan harapan dapat mendorong mereka yang memiliki gejala eksim untuk memeriksakan kulit dan membuat rencana pengobatan seperti yang dia lakukan. Sebenarnya sejak kapan dia menyadari idap eksim? Berikut kisahnya.

“Beberapa tahun yang lalu, saya melihat ada bintik-bintik merah, kering, bersisik, gatal, dan iritasi di wajah saya, dan saya mengoleskan losion dan ramuan ke wajah saya," ucapnya dikutip dari Real Simple, 8 November 2023.

Dia sempat mengira alami alergi karena  kerap memakai riasan tebal atau prostetik dalam waktu lama.

“Mungkin itu terjadi kulit saya dipenuhi terlalu banyak riasan sepanjang waktu,” kata perempuan 39 tahun itu.

“Tetapi ketika gejalanya terus berlanjut dan tidak berangsur membaik, saya akhirnya pergi ke dokter kulit dan didiagnosis menderita dermatitis atopik,” lanjutnya.

Meskipun dermatitis atopik lebih jarang terjadi pada orang dewasa, 21 juta orang Amerika yang berusia di atas 12 tahun menderita dermatitis atopik atau lebih dikenal eksim.

Cara Mandy Moore Atasi Eksim 

Moore mengatakan eksimnya mudah kambuh di cuaca tertentu seperti cuaca panas atau dingin. Untuk menghadapi kondisi itu, dia menerapkan pola makan yang kaya Omega-3.

"Saya mencoba untuk mendapatkan banyak omega-3. Saya suka salmon, apa pun yang bisa membantu melindungi kulit saya dan mencegah kelembapan keluar," kata pelantun I Wanna Be with You itu.

Dia juga berupaya mengelola stres salah satunya menikmati waktu mandi

"Begitu saya menutup pintu kamar mandi, saya mulai mandi dan terkadang saya memasukkan bom mandi ke dalam bathtub, menyalakan lilin, minum segelas anggur, atau saya meletakkan iPad saya di ambang jendela dan menonton sesuatu," katanya.

Kadang dia mendengar musik untuk menangkis stres. Moore juga sering bicara pada dirinya sendiri bahwa hari buruk, tekanan, stres adalah kondisi yang pasti dialami setiap manusia, bukan hanya dia yang alami.

“Saya membiarkan diri saya merasa seperti manusia—kita semua punya hari-hari di mana kita merasa tidak enak. Kemudian saya berpikir, 'Besok adalah hari yang baru dan kita semua berada dalam situasi yang sama'," ucapnya.

Menyoal perawatan kulit andalannya, Moore memilih produk bebas pewangi, bebas pewarna, hipoalergenik, dan super lembut.

Makna Penuaan untuk Mandy Moore

Setelah dia mengintip masa depan sambil memainkan karakter Rebecca Pearson di This Is Us, dia melihat ada nilai kebijaksanaan dalam penuaan.

"Seperti kebijaksanaan dan kejelasan yang muncul seiring bertambahnya usia yang tidak ada penggantinya,” imbuhnya.

“Saya menyukai bagian hidup saya ini. Saya tidak akan kembali ke usia 20-an, meski Anda memberi uang. Saya tidak terlalu takut untuk mendekati usia tersebut (tua)," katanya.

Dia setuju bahwa Rebecca Pearson tahu bagaimana menua dengan baik.

“Apa pun yang dilakukan karakter itu, saya harus mengikutinya. Dia minum lebih dari delapan gelas air sehari, tidut cukup, memakai tabir surya, dan melakukan semua hal yang benar. Dia teladan bagi saya," tandas Mandy Moore.

Pilihan Editor: Tips Merawat Area Bawah Mata ala Mandy Moore, Eye Cream dengan Vitamin C

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."