4 Masalah Kulit Ini Bisa Muncul saat Usus Tidak Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat kita mengalami masalah kulit, seperti munculnya jerawat secara tiba-tiba, kita mungkin mengulik sebabnya dari kulit yang tidak bersih, polusi atau paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih hingga pemakaian produk perawatan kulit yang keliru. Tapi ternyata, kondisi usus tidak sehat bisa menimbulkan masalah kulit, lho. Mengapa demikian?

Kesehatan usus berhubungan dengan kesehatan kulit, sehingga kesehatan usus yang buruk dapat terlihat melalui berbagai masalah kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa masalah kulit yang disebabkan oleh usus yang buruk.

1. Eksim

Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal dan bergelombang. Gejala eksim bisa muncul di mana saja di kulit Anda.

Flora usus Anda memengaruhi mikroba yang hidup di kulit. Mikrobioma yang tidak seimbang mungkin berperan dalam peradangan dan respons imun yang menyebabkan eksim.

Ini juga berarti bahwa perubahan pola makan yang sehat dapat membantu meringankan gejala eksim Anda.

2. Jerawat

Kesehatan usus yang buruk dapat mendorong timbulnya jerawat di kulit. Usus "bocor" terjadi ketika dinding usus dan mikrobioma tidak mampu mengimbangi penumpukan racun dalam tubuh. Jika racun tidak diproses dengan baik di usus Anda, Anda mungkin mulai melihatnya keluar dari kulit melalui jerawat.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat untuk mendapatkan probiotik, polifenol, dan mineral yang menyembuhkan kulit Anda dari dalam ke luar.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit di mana sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak yang gatal, kering, dan bersisik. Penyebab psoriasis belum sepenuhnya dipahami. Sesuai penelitian, salah satu kemungkinan hubungan adalah antara psoriasis dan penyakit radang usus. Mengapa demikian?

Karena kulit terdiri dari jaringan yang lebih mudah menyerap sesuatu, kulit menjadi sensitif dan bereaksi terhadap sinyal peradangan yang menyebar ke seluruh tubuh.

4. Rosacea

Rosacea dapat menyebabkan pori-pori lebih besar di wajah serta kulit kering. Perkembangan kondisi ini berhubungan dengan penyakit radang usus, penyakit celiac, sindrom iritasi usus besar, dan penyakit refluks gastroesophageal. Mengobati rosacea dengan antibiotik atau modulasi mikrobioma telah terbukti membantu pengelolaan penyakit.

Untuk kulit sehat, bersinar dan bebas penyakit, meningkatkan kesehatan usus salah satunya. Stres dapat mengganggu usus Anda, jadi kelola stres dengan yoga dan meditasi. Konsumsilah probiotik dan makanan fermentasi secara teratur untuk menurunkan peradangan usus. Tetap terhidrasi dengan minum cukup air. Hindari konsumsi gula berlebih dan makan sayur dan buah kaya serat, kecambah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Kurangi kebiasaan merokok, alkohol, makanan cepat saji, dan makanan olahan.

Pilihan Editor: 3 Dampak Buruk Konsumsi Gula Berlebih untuk Kulit, Bukan Cuma Peradangan dan Jerawat

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."