10 Tips Makeup bagi Penderita Eksim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah pemilik kulit eksim boleh memakai riasan atau makeup? Jawabannya boleh asalkan menggunakan produk perawatan kulit dan riasan yang cocok dengan kulit. Gunakan pendekatan yang ringan dan lembut saat mengaplikasikannya, dan utamakan kebersihan. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita intip tips makeup bagi penderita eksim menurut para dokter kulit.

1. Gunakan Produk yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Jika Anda menderita eksim, Anda pasti tahu bahwa hal terkecil pun bisa menyebabkan eksim kambuh. Itulah alasan utama untuk tetap menggunakan produk perawatan kulit dan riasan hipoalergenik yang cocok untuk kulit sensitif. 

“Mereka yang menderita eksim harus menghindari produk yang mengandung pewangi berlebihan atau alkohol yang mengeringkan karena dapat mengiritasi kulit,” saran dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick dikutip dari laman Real Simple.

Selain itu, pemilik kulit eksim harus berhati-hati saat menggunakan bahan aktif tertentu yang mungkin mengiritasi kulit, seperti asam pengelupas kulit, retinoid, dan benzoil peroksida.

2. Melembapkan Kulit sebelum Menerapkan Riasan

Eksim menyebabkan bercak kering dan bersisik, jadi mengoleskan pelembap sebelum alas bedak, perona pipi, dan kosmetik lainnya adalah suatu keharusan. 

“Penggunaan pelembap yang lembut atau bahkan mengoleskan salep yang lebih kental pada lipatan atau lipatan tertentu dapat membantu riasan terlihat lebih merata dan mulus pada mereka yang memiliki kulit rentan eksim,” jelas Dr. Garshick.

Dia mengatakan untuk mencari asam hialuronat atau gliserin yang membantu menarik kelembapan ke dalam kulit.  

Penata rias selebriti Tomy Rivero setuju, menambahkan bahwa Anda harus memberikan cukup waktu untuk mempersiapkan kulit sebelum makeup.

3. Selalu Terapkan Primer 

Pertimbangkan primer yang diformulasikan dengan baik sebagai senjata rahasia Anda saat merias wajah pada kulit yang rentan eksim. Tentu saja produk ini bisa digunakan untuk semua orang, tetapi sangat membantu ketika Anda menghadapi kondisi kulit kronis ini. 

"Menggunakan primer setelah perawatan kulit menciptakan penyangga antara kosmetik warna dan kulit Anda, karena beberapa pigmen dapat menyebabkan kambuh,” catat penata rias selebriti Bryan Cantor.

Primer juga menambah lapisan kelembapan yang sangat dibutuhkan dan dapat membantu menghaluskan tekstur kasar. 

Selain primer wajah, aplikasikan juga primer kelopak mata. Dr Garshick mencatat bahwa kelopak mata adalah area umum untuk mengalami kambuhnya eksim.

4. Prioritaskan Kebersihan 

Menjaga kebersihan alat makeup dan tangan juga tips penting saat merias wajah untuk kulit apa pun, termasuk eksim.

“Eksim mengganggu fungsi pelindung dan mikrobioma kulit, membuatnya lebih rentan terhadap bakteri patogen,” kata dokter kulit bersertifikat Dr. Tiina Meder.

“Jika menggunakan kuas atau spons untuk mengaplikasikan riasan, pembersihan rutin dengan pembersih yang lembut sangatlah penting.” Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa produk. 

5. Pilihlah Formula Krim

Saat Anda berdiri di lorong tata rias atau membaca produk secara online, pilihlah formula krim dibandingkan produk bubuk.

“Foundation yang berbahan dasar krim cenderung lebih menghidrasi dan menutrisi kulit. Hal ini berbeda dengan formulasi bedak yang cenderung lebih mengeringkan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit rentan eksim,” catat Dr. Garshick. 

Hal yang sama juga berlaku untuk perona pipi, eyeshadow, dan lainnya.

6. Tidak Memakai Riasan Berlebihan

Meskipun Anda tergoda untuk menggunakan banyak riasan untuk menutupi bercak eksim, pendekatan ini sering kali menjadi bumerang. 

“Menggunakan terlalu banyak produk bisa lebih mengiritasi kulit yang rentan eksim,” jelas Dr. Garshick.

Selain itu, semakin banyak riasan yang diaplikasikan pada kulit, biasanya akan semakin sulit untuk dihilangkan, yang juga dapat mengeringkan kulit dan memperburuk munculnya eksim.

Cantor menyarankan untuk mengaplikasikan formula tipis ke seluruh bagian untuk membantu meratakan warna kulit Anda, lalu gunakan concealer yang serasi jika diperlukan cakupan ekstra. 

7. Gunakan Tekanan Lembut

Kulit sensitif lebih menyukai sentuhan lembut. Dr Meder mengatakan untuk menghindari menggosok alas bedak secara agresif, yang hanya dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Sebagai gantinya, gunakan kuas riasan atau spons bersih untuk mengusap riasan Anda dengan lembut. Gunakan juga pendekatan lembut yang sama saat menghapus riasan. 

8. Hindari Produk Berkilau Tinggi

Meskipun cantik, Rivero mengatakan bahwa produk berkilau bukanlah pilihan terbaik jika Anda menderita eksim karena produk tersebut dapat menonjolkan bercak terkelupas. Dia merekomendasikan untuk menghindari bedak berkilau, dan produk yang diformulasikan dengan glitter. 

9. Hindari Riasan Tahan Lama dan Tahan Air

Sebuah produk yang menjanjikan untuk bertahan selama berjam-jam kedengarannya bagus, tapi itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik jika Anda menderita eksim. 

“Hindari riasan dengan daya tahan ekstra, seperti produk yang tahan lama dan tahan air, karena dapat menyebabkan jerawat," saran Cantor.

Mengapa demikian? Sebab bahan kimia kuat yang diperlukan untuk menghilangkan riasan sepenuhnya.

Makeup tahan lama juga dapat menyebabkan jerawat karena cenderung meninggalkan residu pada kulit jika tidak dihilangkan dengan benar.”

10. Selalu Lakukan Uji Tempel

Uji tempel adalah langkah brilian ketika mencoba produk perawatan kulit atau riasan baru. “Oleskan produk baru ke area pengujian kecil yang tidak terlalu terlihat, seperti di bawah telinga atau di bawah rahang,” kata Cantor.

“Aplikasikan kembali produk ke area yang sama selama seminggu untuk menentukan apakah produk tersebut menyebabkan efek buruk sebelum menambahkannya ke rutinitas harian Anda," tegasnya.

Semoga tips makeup untuk pemilik kulit sensitif di atas bisa membantu Anda semakin memancarkan pesona kecantikan.

Pilihan Editor: Agar Tampil Lebih Percaya Diri, Ini Tips Makeup Ala Bubah Alfian

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."