Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

kecantikan

Dilema Wajah Berjerawat Pakai Pelembap, Simak Penjelasan Ahli

Kamis, 20 Desember 2018 10:32 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Mereka yang kulit wajah berjerawat sering kali bingung apakah perlu menggunakan pelembap atau tidak. Sebab, efek melembapkan dari produk kecantikan dikhawatirkan membuat jerawat kian parah.

Baca: Pakai Masker Praktis Sheet Mask, Jangan Lakukan Kesalahan Berikut

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Atika Damayanti mengatakan wajah berjerawat bukan alasan tidak memakai pelembap. Musababnya, pelembap berfungsi menghidrasi atau memberi kelembapan optimal.

Adapun jerawat, dia menjelaskan, adalah reaksi alami yang sangat mungkin terjadi ketika kulit berada dalam kondisi terlalu kering. Kondisi itu membuat tubuh mengeluarkan sinyal untuk memproduksi minyak.

"Minyak berlebih inilah yang berisiko memperparah kondisi jerawat di wajah," ucap Atika di acara peluncuran Creme de la Corine di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018. Pelembap yang mampu menghidrasi justru membantu mengurangi sinyal produksi minyak sehingga mendukung proses penyembuhan jerawat.

Selain tetap menggunakan pelembap meski kulit sedang berjerawat, Atika mengingatkan jangan menutupi jerawat dengan makeup. Kosmetika yang bersifat menutup, seperti foundation, BB cream, CC cream, atau concealer berpotensi menyumbat pori dan memperparah kondisi jerawat yang sedang diobati.

Baca juga: Kim Kardashian Tetap dengan Makeup Saat Tidur

"Kepada pasien yang sedang mengalami masalah jerawat, saya selalu menganjurkan untuk berhenti total menggunakan kosmetik selama masa pengobatan," kata Atika. Penghentian penggunaan makeup ini terjadi sekitar 3 bulan dan efeknya manjur.

AURA